Breaking News:

Berita Batola

Revitalisasi Kawasan Transmigrasi, Kemendes PDTT Gelar FGD Pentahelix di Karang Bunga Batola 

Kemendes PDTT menggelar FGD tentang Pentahelix revitalisasi kawasan transmigrasi di Desa Karang Bunga, Kecamatan Mandastana, Batola

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/muhammad tabri
FGD Kemendes PDTT tentang Pentahelix revitalisasi kawasan Transmigrasi di Desa Karang Bunga, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala, Selasa, (28/9/2021) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) gelar Focus Group Discussion (FGD) tentang Pentahelix revitalisasi kawasan transmigrasi di Desa Karang Bunga, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Batola, Selasa (28/9/2021).

Dihadiri Agus Kuncoro, Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Kemendes PDTT, sejumlah akademisi, praktisi dan unsur masyarakat, diskusi berlangsung secara langsung dan virtual zooming. 

Dalam paparannya, Agus mengutarakan FGD ini merupakan kajian tentang Pentahelix yang ada di kawasan transmigrasi. Berkenaan dengan hal-hal isu-isu strategis, terkini, termasuk pengembangan RPJNN 2020-2024.

Sebagaimana kesepakan tim kajian pihaknya, Barito Kuala sendiri merupakan daerah yang menjadi salah satu kawasan prioritas dalam menggelar FGD ini. 

Baca juga: KalselPedia - Desa Danda Jaya Batola Kalsel, Kawasan Transmigrasi yang Menjadi Penghasil Jeruk Siam

Baca juga: Direktur Pengembangan Usaha Transmigrasi Kemendes PDTT Datang ke Kapuas, Rakor Penguatan Bumdes

Baca juga: Terbelit Korupsi Dana Hibah Pupuk, Mantan Kadis Transmigrasi Kapuas Kalteng Ditahan

Yakni sebagai entry meeting, dasar penyusunan draft maupun kajian yang bisa dibahas di forum yang lebih besar, termasuk menyampaikannya kepada pihak Kementerian, peneliti, akademisi dan praktisi yang terlibat. 

"Kami pun berharap, kajian ini bisa digunakan untuk dasar pengembangan kebijakan maupun penentuan eksekusi tentang program kegiatan. Baik di Kemendes maupun kementerian lainnya yang terkait dengan transmigrasi," ungkap Agus. 

Mengenai hasil FGD hari ini, Agus juga mengaku telah mengantongi beberapa potensi utama yang ada di Batola, diantaranya dari dinas terkait, kepala desa, akademisi dan tentunya unsur masyarakat transmigran.

Hery Sasmita, peserta FGD yang turut memaparkan materi menyampaikan, Pentahelix sendiri merupakan formulasi dari lima pihak dalam mengemas dan menyampaikan informasi ke publik, tentunya dalam hal ini berkenaan dengan transmigrasi. 

"Lima unsur tersebut yakni unsur pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media," terang Kabag Prokopimda Barito Kuala ini. 

Baca juga: VIDEO Penahanan Mantan Kadis Transmigrasi Kapuas karena Dugaan Korupsi Dana Hibah Pupuk

Dalam porsinya, ia pun menyampaikan bahwa peran media saat ini sangatlah penting untuk berupaya branding suatu informasi ke publik. Apalagi saat ini sudah zamannya keterbukaan informasi. 

"Untuk itu, kita akan selalu berupaya membantu mempublikasi informasi yang ada melalui akses atau media yang kita punya. Baik itu radio, media cetak, maupun media sosial lainnya," Pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved