Breaking News:

PT PLN Persero UP2B Kalimantan

Berharap yang Terbaik Bersiap untuk yang Terburuk

Kompleks pembangkit terbesar di Kalimantan Selatan adalah pada unit PT PLN (Persero) UPK Asam Asam yakni PLTU Asam Asam

Editor: Eka Dinayanti
PT PLN (Persero) UP2B Kalimantan
Listrik Untuk Kehidupan yang Lebih Baik 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Banjarmasin merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan sekaligus pusat bisnis-industri terbesar di Kalimantan dengan beban kelistrikan mencapai 350 MW atau sekitar 30% dari total beban kelistrikan Interkoneksi Kalimantan, di mana Sistem Interkoneksi Kalimantan merupakan sistem kelistrikan untuk tiga provinsi yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Kompleks pembangkit terbesar di Kalimantan Selatan adalah pada unit PT PLN (Persero) UPK Asam Asam yakni PLTU Asam Asam yang terletak sekitar 100 km dari kota Banjarmasin.

Pembangkit ini mempunyai kapasitas terpasang total 220 MW.

Dengan jarak yang relatif dekat dari kota Banjarmasin, sehingga PLTU Asam Asam beroperasi tidak hanya untuk menjaga keandalan pasokan listrik Kalimantan Selatan namun juga sebagai penjaga kualitas tegangan sistem khususnya Banjarmasin agar tidak terjadi tegangan rendah.

Gangguan pada PLTU Asam Asam akan berimbas pada potensi padamnya konsumen dan turunnya kualitas tegangan konsumen khususnya di Banjarmasin.

Oleh sebab itu PLN telah melakukan 4 upaya jitu untuk menjaga keandalan pasokan listrik PLTU Asam Asam serta mengantisipasi potensi padam dan tegangan rendah pada Banjarmasin.

Pertama, PLN telah melakukan pengecekan rutin serta pemeliharaan periodik untuk menjaga keamanan operasi serta keandalan unit PLTU Asam Asam.

Yang kedua, sebagai obat dari potensi kualitas tegangan rendah di Banjarmasin, maka PLN telah melakukan mitigasi dengan pengoperasian Kapasitor Banjarmasin untuk meningkatkan tegangan sistem.
Kapasitor telah terpasang sejak bulan Juni 2021.

Langkah yang ketiga, PLN mempersiapkan cadangan operasi unit pembangkit lain, sehingga apabila Unit PLTU Asam Asam ini mengalami gangguan maka pasokan daya listrik yang hilang dapat dikompensasi oleh unit pembangkit lain.

Oleh karena itu potensi konsumen padam akibat dari hilangnya pasokan listrik dapat dihindari.

Yang terakhir, apabila terjadi gangguan besar pada unit PLTU Asam asam, yang memungkinkan unit pembangkit lain kurang mampu mengkompensasi kehilangan suplai daya yang hilang dan berimbas pada padam konsumen, maka PLN UP2B Kalimantan telah merancang skema proteksi pintar (smart logic), di mana sistem proteksi ini telah terintegrasi dengan sistem komunikasi berprotokol.

Hal ini untuk mencegah potensi padam meluas dan apabila terjadi padam maka pasokan listrik dapat segera dinormalkan kembali ke pelanggan.

“Listrik Untuk Kehidupan yang Lebih Baik” (aol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved