Breaking News:

PT PLN Persero UPK Asam Asam

VIDEO Manfaatkan Limbah Batu Bara Jadi Paving Block, UPK Asam-asam Tala Gandeng BUMDes

UPK Asam-asam Tala Gandeng BUMDes dalam pemannfaatan limbah batubara dari proses fly ash dan bottom ash (FABA).

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sejak Februari 2021 lalu pemerintah pusat telah mengeluarkan limbah batu bara dari kategori limbah bahan berbahaya dan beracun (B3).

Hal tersebut tertuang di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Limbah batu bara yang dikeluarkan dari kategori B3 tersebuy adalah limbah yang bersumber dari proses pembakaran batu bara pada fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) atau dari kegiatan lain yang menggunakan teknologi selain stocker boiler dan/atau tungku industri.

Jenis limbah batu bara yang dihapus dari kategori limbah B3 adalah fly ash dan bottom ash (FABA).

Baca juga: Limbah Batubara Dikeluarkan dari Limbah B3, BEM Se Kalsel Sambangi DPRD

Baca juga: Berbagi Semangat Kemerdekaan, YBM PLN UPK Asam Asam Bantu Warga Terdampak Banjir di Ring 1

Karena itu saat ini PT PLN (persero) Unit Pelaksana Pembangkitan  (UPK) Asam Asam berupaya mengoptimalkan pemanfaatan FABA menjadi produk bernilai ekonomis dengan menggandeng Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Setidaknya saat ini ada satu BUMDes yang digandeng, yakni BUMDes Karya Putra Pribumi dari Desa Simpangempat Sungaibaru, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut (Tala). UPK Asam-asam juga berada di desa setempat.

Selain itu juga ada pihak ketiga yang digandeng yakni PT Wahyu Putra Ramadhan (WPR).

Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) pemanfaatan FABA tersebut dilakukan, Rabu (29/9/2021) di Aula Kayuh Baimbai di lantai dua kantor UPK Asam-asam.

Dokumen MoU tersebut turut ditandatangani Bupati Tala HM Sukamta sebagai kepala daerah.

Sejumlah pejabat teras Pemkab Tala teras turut hadir menyaksikan, yaitu Asisten I Bidang Pemerintahan Hairul Rizal, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Ismail Fahmi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa H Bambang Kusudarisman, dan Camat Jorong M Alfan Rosidi Anwar.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved