Breaking News:

HSU Mantap

Tim PKK Kabupaten HSU Terus Berupaya Meningkatkan Nilai Gizi Seimbang

Tim Penggerak PKK di 10 kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara ikut lomba masak berbahan nonbesar yang diadakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSU

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
PEMKAB HSU
Sosialisasi nilai gizi seimbang melalui lomba memasak yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (29/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Tim Penggerak PKK di 10 kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, mengikuti Lomba Pengolahan Pangan Lokal, Rabu (29/9/2021).

Kegiatan tersebut diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSU, meliputi lomba masak dengan bahan baku berbasis pangan non beras.

Dan, menu B2SA (beragam, bergizi, seimbang dan aman) untuk membangun budaya mengkonsumsi aneka jenis pangan dengan porsi seimbang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSU, H Fakhruddin, mengatakan, kegiatan lomba pengolahan pangan lokal ini bertujuan untuk membuat keanekaragaman menu-menu makanan karbohidrat nonberas dengan menggunakan sumber pangan lokal.

"Tantangan saat ini, kami membuat makanan olahan yang berasal dari pangan lokal (non - beras) tetapi tetap memperhatikan nilai gizi yang seimbang." ucapnya.

Penilaian pada menu yang disajikan dalam lomba memasak yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (29/9/2021).
Penilaian pada menu yang disajikan dalam lomba memasak yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (29/9/2021). (PEMKAB HSU)

Lebih lanjut, untuk memenuhi masyarakat yang cerdas, aktif dan produktif,  tiap individu harus memperhatikan asupan gizi yang seimbang.

Dalam rangka percepatan pemahaman masyarakat tentang pentingnya mengkonsumi pangan lokal beragam, bergizi dan seimbang serta kreasi dalam meolah makanan karbohidrat non beras, Fakhruddin berharap. lomba ini bisa menjadi edukasi ke masyarakat.

"Dari hasil lomba ini akan diterapkan ke masyarakat. Harapan kami, bisa berdampat positif terhadap peningkatan kreativitas," katanya.

Senada dengan itu, adapun sambutan tertulis dari Ketua TP PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid yang menyampaikan sangat menyambut baik kegiatan lomba pengolahan pangan lokal ini.

Menurutnya, lomba pengolahan pangan lokal beragam, bergizi dan seimbang ini sangat besar manfaatnya khususnya di kalangan ibu-ibu peserta lomba dalam menyalurkan bakat, sekaligus menggali potensi kreatifitas dalam mengolah menu makanan.

Suasana lomba memasak yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (29/9/2021).
Suasana lomba memasak yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (29/9/2021). (PEMKAB HSU)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved