Breaking News:

Bumi Sanggam

Pemkab Balangan Tandatangani MoU Pengelolaan Hutan Sosial dengan Pemprov Kalsel

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melakukan penandatanganan MoU dengan Pemkab Balangan

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Eka Dinayanti
humas pemkab balangan
Bupati Balangan, Abdul Hadi tandatangani MoU pengelolaan hutan sosial dengan Pemprov Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dalam rangka percepatan operasional pemegang izin kelola perhutanan sosial sekaligus pembukaan fasilitas akses permodalan dan pemasaran perhutanan sosial di Provinsi Kalimantan Selatan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melakukan penandatanganan MoU dengan Pemkab Balangan, Rabu (29/9/2021) kemarin.

Dalam nota kesepahaman tersebut tertuang yaitu pembangunan sektor pariwisata dalam kawasan hutan yang termasuk di dalam wilayah administratif Kabupaten Balangan.

Kawasan hutan dimaksud adalah yang telah dikelola secara legal oleh masyarakat Balangan dalam skema Perhutanan Sosial.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalsel, Syaiful Azhari menerangkan, program Perhutanan Sosial merupakan sebuah skema kolaboratif dalam pengelolaan kawasan hutan guna mengatasi ketimpangan ekonomi dengan semangat keberpihakan kepada masyarakat.

Disampaikan, dengan memaksimalkan aspek lahan, kesempatan usaha dan sumber daya manusia dalam skema perhutanan sosial, diharapkan pada akhirnya dapat menunjang kebutuhan masyarakat secara ekonomi, namun tetap menjunjung asas kelestarian hutan.

Lanjutnya, Gubernur Kalimantan Selatan sudah mengeluarkan Surat No. 522/01512/PMPPS/Dishut/2020 tentang Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Perhutanan Sosial, kepada semua bupati dan wali kota untuk memberikan dukungan terhadap pembangunan masyarakat dalam skema izin Perhutanan Sosial.

“Hari ini Pemerintah Kabupaten Balangan telah merespons surat tersebut, dengan melakukan MoU antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Pemerintah Kabupaten Balangan,” ujarnya.

Bupati Balangan, Abdul Hadi, sangat menyambut gembira dengan adanya penandatanganan MoU ini, karena walaupun kewenangan pengelolaan hutan tidak lagi berada di Kabupaten, tapi dengan MoU ini pihaknya merasa dihargai dengan tetap dilibatkan dalam pengelolaannya.

“Perhutanan Sosial dan MoU ini sangat selaras dengan misi ketiga pembangunan Kabupaten Balangan, meningkatkan perekonomian masyarakat Balangan berbasis pertanian dan perkebunan, pariwisata dan ekonomi kreatif,” ungkapnya.(aol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved