Breaking News:

Berita Tabalong

Terhenti Sejak Pandemi Covid-19, Bandara Warukin Kabupaten Tabalong Akan Dioperasikan Lagi

Pemkab Tabalong bersama PT Pelita Air Service dan Perumda bertemu untuk merencanakan membuka lagi Bandara Warukin. Rute penerbangan akan ditetapkan.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Sempat terhenti sejak awal pandemi Covid-19, aktivitas penerbangan di Bandara Warukin, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, direncanakan kembali beroperasi.

Rencana ini juga sudah ditindaklanjuti dengan adanya pertemuan antara PT Pellita Air Service selaku maskapai Pesawat Pelita Air dengan pemkab tabalong, perbankan dan perusahaan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tabalong, Tumbur P Manalu, Kamis (30/9/2021), membenarkan Bandara Warukin kembali akan dioperasionalkan dalam waktu dekat.

Dalam teknis operasional Bandara Warukin Tabalong tersebut, nantinya melibatkan perumda sebagai mitra kerja yang ditunjuk pemerintah daerah.

Baca juga: Penerbangan Dihentikan Sementara, Begini Suasana di Bandara Warukin

Kemudian, Pelita Air selaku pihak yang mempunyai kawasan Bandara Warukin Tabalong di bawah Pertamina ini akan melakukan kontrak kerja sama dengan Perumda.

"Apa yang menjadi keinginan pemerintah daerah untuk memberikan fasilitas penerbangan bagi masyarakat Kabupaten Tabalong, kami dari Dishub Tabalong akan menjembatani dengan mitra kerja yang sudah ditunjuk kemarin adalah perumda," jelasnya.

Terkait rute, imbuhnya, dari informasi awal yang ditawarkan adalah akan mengambil jalur penerbangan Balikpapan-Tanjung-Surabaya dan sebaliknya.

Namun dalam perkembangan dari pertemuan, juga ada yang menginginkan penerbangan Tanjung-Jakarta melalui Halim Perdanakusuma dan sebaliknya.

Baca juga: Cegah Corona Masuk Tabalong, Penumpang di Bandara Warukin Diperiksa Gunakan Alat Detektor Tubuh

Baca juga: Setiap Penerbangan ke Bandara Warukin Ada Penumpang dari Cina, Pemkab Tabalong Akan Lakukan ini

Ini memang sebelum terhenti saat ada pandemi, penerbangan Pelita Air dari Bandara Warukin Tabalong melayani dengan rute Tanjung-Jakarta.

Ditambahkannya, sebagai persiapan Bandara Warukin Tabalong kembali dioperasionalkan, pihaknya bersama tim telah melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana.

Hasil dari pengecekan yang dilakukan karena bandara hampir dua tahun tidak beropersional, memang ditemukan ada beberapa yang harus dibenahi.

Penghentian penerbangan komersil juga berlaku di Bandara Warukin Kabupaten Tabalong. Bandara pun, sepi sejak kebijakan ini diberlakukan.
Bandara Warukin di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Misalnya, mesin pendeteksi XRay yang harus dikalibrasi, alat pemadam juga harus diservis atau kalibrasi, serta alat pendukung teknologi lainnya.

"Pada saat kami akan operasional kembali, semua harus rampung, supaya tidak jadi kendala," tandas Tumbur P Manalu.

Sedangkan untuk runway sepanjang 1.400 meter, tidak ada persoalan. Hanya saja markahnya yang memang harus diperjelas kembali.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved