Breaking News:

Berita HST

VIDEO Durian Unik Muncul di Pasar Keramat Barabai, Datang dari Pedalaman Meratus

Durian unik dari varian Mantuala terlihat muncul di Pasar Keramat Barabai. Durian ini, dibanderol Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Varian durian yang satu ini terlihat aneh. Bentuknya tak seperti durian pada umumnya.

Masuk dalam varian mantuala (jenis durian mirip pampakin) bentuknya lonjong atau memanjang mencapai 30 sentimeter.

Warna daging buahnya kuning muda, dengan perpaduan rasa pampakin dan durian. Daging buahnya sangat tebal, dengan rasa lebih legit.

Nah, durian aneh itu muncul di pasar Keramat Barabai, Kamis (30/9/2021). Dijual di pinggir jalan menuju Pasar Keramat Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) di jejeran pedagang buah lokal musiman.

Penampakannya menarik perhatian warga yang melintas. Buah dengan bentuk unik itupun membuat heboh pengunjung pasar. Mereka mampir dan berhenti untuk melihat dari dekat.

Namun, mengetahui baderol harganya, banyak yang “menyerah”, tak jadi membeli. Ori, pedagangnya membanderol harga Rp 50 ribu sampai Rp 80 ribu per biji. Namun, ada pula yang membeli dengan alasan penasaran.

“Seumur hidup belum pernah melihat mantuala atau pun durian bentuknya panjang seperti ini. Walaupun mahal, saya mencoba beli satu,”kata salah satu pembeli.

Ori menyebut, durian varian ini ada sejak tahun 2018 lalu. Berasal dari pohon mantuala berusia tua milik warga Desa Kundan, Haruyan Dayak, Kecamatan Hantakan.

“Jadi ada beberapa pohon mantuala milik orang Kundan berbuah kami beli. Sebagian buahnya normal, sebagian lagi bentuknya seperti ini,”ungkap Ori.  (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved