Breaking News:

Hukum Mewarnai Rambut

Hukum Mewarnai Rambut dan Semir Warna Hitam, Waspada Menyerupai Suatu Kaum

Bagaimana hukum mewarnai rambut dalam ajaran Islam? dalam penjelasan hukum mewarnai rambut, di antaranya dilarang berniat menyerupai suatu kaum kafir

Penulis: Mariana | Editor: Anjar Wulandari
Instagram @shafeeaahmad_
Safeea Ahmad tampil cantik dengan rambut pirang. Hukum Mewarnai Rambut dan Semir Warna Hitam, Waspada Menyerupai Suatu Kaum 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Mewarnai atau menyemir rambut saat ini sudah menjadi hal lumrah dilakukan banyak orang. Tidak hanya tua atau muda, perempuan atau lelaki.

Seperti diketahui, rambut adalah mahkota kepala yang menjadi kebanggaan setiap orang. Berbagai upaya dilakukan agar mahkota ini selalu tampak indah.

Lalu bagaimana hukum mewarnai rambut dalam ajaran Islam? Bagaimana pula aturan dalam mewarnai rambut, baik bahan maupun warna semir?

Di dalam penjelasan hukum mewarnai rambut, di antaranya dilarang berniat menyerupai suatu kaum kafir.

Baca juga: Hukum Mewarnai Rambut Agar Terlihat Awet Muda, Dibolehkan atas Permintaan Pasangan Asal Begini

Baca juga: Hukum Mewarnai Rambut Semir Pirang bagi Pria Muslim, Ini Bahan Semir Dianjurkan Dalam Islam

Hukum Mewarnai Rambut dengan Warna Hitam

Hukum semir rambut warna hitam tidak diperbolehkan. Mewarnai rambut dengan warna hitam dengan tujuan melakukan tipuan sangatlah dilarang.

Jika rambut telah beruban baik itu pria maupun wanita maka tidak boleh melakukan pewarnaan rambut dengan warna hitam.

Akan tetapi ada pendapat ulama yang mengatakan boleh saja mewarnai rambut dengan warna hitam dengan tujuan untuk melakukan jihad.

Selain itu jika mewarna rambut dengan warna hitam dengan tujuan bukan penipuan untuk madzhab Hanafi dan Maliki hukumnya yaitu makruh sedangkan madzhab Syafi’i sebagain mengharamkannya dan ada beberapa yang berkata makruh.

Akan tetapi ada beberapa ulama yang non-madzhab mengatakan bahwa hukum mewarnai rambut hitam boleh hal tersebut dikutip oleh Yusuf Qardhawi.

Ilustrasi mewarnai rambut di salon
Ilustrasi mewarnai rambut di salon (shutterstock)
Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved