Breaking News:

Berita Banjarbaru

Ini Sembilan Group Pemenang Lomba Balogo di Museum Lambung Mangkurat Kalsel

dalam rangka melestarikan warisan budaya Museum Lambung Mangkurat Kalsel mengadakan lomba balogo

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/siti bulkis
Peserta lomba balogo saat memainkan Balogo di halaman Museum Lambung Mangkurat Jalan A Yani Km 35, Banjarbaru, Kalimantan Selatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (30/9/2021) menggelar pertandingan permainan tradisional Kalimantan Selatan Balogo.

Event ini, menurut Plt Kepala Museum Lambung Mangkurat, Abdul Rahim melalui Kasubag Tata Usaha (TU), M Taufik Akbar, dalam rangka melestarikan warisan budaya diikuti peserta dari kabupaten kota di Provinsi Kalimantan Selatan.

"Lomba Balogo ini ada tiga kategori yang diikuti secara beregu, dan Alhamdulillah sudah diketahui tiga juara terbaik dari masing-masing kategori lomba," jelas Taufik, Sabtu (2/10/2021).

Dikategori Balogo, peringkat pertama diraih Grup Rajawali Putih dari Kabupaten Tanah Bumbu, peringkat kedua diduduki Grup Dara Muda dari Sungai Pinang, Kabupaten Banjar dan peringkat ketiga diraih Grup Warin dari Banjarmasin.

Baca juga: Lestarikan Warisan Budaya Tradisional, Museum Lambung Mangkurat Kalsel Ajak Pelajar Belajar Balogo

Baca juga: Suwardi Terpilih Nakhodai Pengrov Balogo Kalsel

Dikategori Babidikan Mauntin Logo, peringkat pertama diraih Grup Si Pujung dari Kabupaten Balangan, peringat kedua Grup Ar Rauha dari Banjarmasin dan peringkat ketiga Grup Dara Muda dari Kabupaten Banjar.

Sementara dikategori Kontes Logo, peringkat pertama diraih Grup Dr HB dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, peringkat kedua Grup Dislautan Hebat dari Banjarbaru dan peringkat ketiga Grup KBTB 1 dari Banjarmasin.

Dengan berakhirnya event lomba serta diumumkannya pemenang lomba balogo, harapannya dapat semakin mengangkat serta mempopulerkan warisan budaya di tengah perkembangan zaman yang semakin modern.

"Selamat kepada para pemenang dan terima kasih partisipasinya dalam memeriahkan melalui gelaran untuk melestarikan kebudayaan Banjar. Dan tentunya bisa dikenal generasi milenial" tutupnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved