Breaking News:

Bumi Murakata

Luncurkan Kopi Meratus Produk Petani Lokal, Aulia Sebut Bakal Jadi Unggulan HST

Bupati Hulu Sungai Tengah H Aulia Oktafiandi meluncurkan Kopi Meratus di Taman Wisata Pagat, Kecamatan Batubenawa

Penulis: Hanani | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/hanani
Bupati HST Aulia Oktafiandi dengan Kopi Meratus buatan petani di kawasan Pegunungan Meratus HST,Jumat 1 Oktober 2021 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah H Aulia Oktafiandi meluncurkan Kopi Meratus di Taman Wisata Pagat, Kecamatan Batubenawa ,Jumat 1 Oktober 2021.

Peluncuran bertepatan peringatan Hari Kopi Internasional tersebut sebagai dukungan Pemkab HST terhadap Kopi Lokal Meratus yang diproduksi petani di kawasan Pegunungan Meratus, dengan merek Kopi Meratus.

Peluncuran yang digelar di kawasan wisata Pagat, Kecamatan Batu Benawa ini juga dihadiri Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri dan Pj Sekda HST, H Muhammad Yani.

Selain mengenalkan dan mempromosikan produk kopi lokal, kegiatan itu juga menjadi ajang promosi wisata dan kesenian daerah, gelar budaya wayang dan tari topeng.

Berfoto bersama produk Kopi Meratus yang diluncurkan sebagai bran baru produk asli dari petani di Pegunungan Meratus HST.
Berfoto bersama produk Kopi Meratus yang diluncurkan sebagai bran baru produk asli
dari petani di Pegunungan Meratus HST. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Peluncuran kopi Meratus yang didukung Serikat Petani Indonesia, dan Pena Hijau Indonesia juga berbarengan dengan kegiatan Mitra Desa dan Fakultas Pertanian Mengajar dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Bupati HST mengatakan, potensi perkebunan kopi dalam mewujudkan pertumbuhan dan pengembangan ekonomi yang ramah lingkungan berbasis kerakyatan, sangat besar sehingga Kopi Meratus sebagai komoditas kopi lokal layak dijadikan salah satu produk unggulan untuk dikembangkan.

"Ini langkah penyemangat bagi masyarakat HST, untuk membuka peluang usaha baru di sektor perkebunan," katanya.

Aulia pun berharap suatu saat Kabupaten HST populer dengan komoditas perkebunan kopi yang memiliki daya tarik pariwisata.

Sebelumnya Kepala Dinas Perdagangan Sahruli selaku Panitia Penyelenggara menyampaikan, bertepatan hari Kopi Internasional 1 Oktober, tidak berlebihan mengistilahkan bahwa HST melahirkan episode bersejarah ini.

"Semoga bermanfaat dan nantinya bisa diwariskan kepada generasi penerus, sebuah sejarah peluncuran kopi lokal banua meratus dengan brand Kopi Meratus," katanya.

Turut hadir pada peluncuran itu Direktur Operasional Bank Kalsel, Para Pejabat Struktural Pemprov Kalsel, Para Pejabat Struktural Pemkab HST, Wakil Dekan 3 Fakultas Pertanian ULM dan undangan lainnya. (AOL).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved