Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Tarif PCR Turun dan PON Picu Kenaikan Penumpang Melalui Bandara Syamsudin Noor Kalsel

Tarif PCR Rp 525 ribu dan ada event PON mengakibatkan terjadinya peningkatan jumlah penumpang pesawat dari Bandara Internasional Syamsudin Noor Kalsel

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Terminal Bandara Internasional Syamsudin Noor di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Penyesuaian Tarif PCR dari yang sebelumnya Rp 800 ribu hingga jutaan rupiah menjadi maksimal Rp 525 ribu, menjadi pemicu peningkatan moda transportasi udara. 

Hal tersebut, menjadi kunci peningkatan penumpang di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, selama September 2021.

"Iya, karena penyesuaian Tarif PCR yang turun dan adanya event PON, maka penumpang pesawat yang berangkat dan turun melalui Bandara Syamsudin Noor meningkat," kata Ahmad Zulfian Noor, Stakeholder Relation Bandara Internasional Syamsudin Noor, Minggu (3/10/2021). 

Kenaikan jumlah penumpang tersebut terekam sejak tanggal 1 sampai 29 September sebanyak  74.544 penumpang , naik 66,3 persen dibandingkan Agustus yang tercatat 44.818 orang.

Jumlah penumpang yang dilayani selama September, terdiri dari 36.287 penumpang berangkat dan 37.824 penumpang datang.

Baca juga: Terdampak Pandemi, Pabrik VCO di Banjarbaru Setop Sementara

Baca juga: Harga Telur Ayam Ras dan Semangka Penyumbang Deflasi Kalsel, Tertinggi di Tanjung dan Banjarmasin

Dengan jumlah itu, selama September rata-rata di Bandara Internasional Syamsudin Noor setiap hari ada 1.251 penumpang yang berangkat dan 1.304 penumpang yang datang. "Kalau Agustus, penumpang berangkat sehari rata-rata 19.479 orang. Sementara yang datang,  25.235 orang," urainya.

Kenaikan jumlah penumpang, menurutnya, selain ada penyesuaian tarif PCR dan kegiatan PON, juga sudah mulai banyak yang vaksin.

Rute paling banyak, Zulfian membeberkan, penumpang  tujuan Jakarta dan Surabaya. "Ada yang keperluan pekerjaan, ada juga karena urusan keluarga, untuk PON ke Jakarta dulu," tambahnya.

Sementara itu, GM Garuda Indonesia Banjarmasin, Endy Latief, juga membenarkan ada peningkatan jumlah penumpang. "Ada pergerakan peningkatan penumpang Garuda sekitar 11 persen selama minggu ini," urainya.

Selain penumpang, dia menyampaikan bahwa pergerakan kargo yang mereka layani juga mengalami peningkatan. "Kargo naik 23 persen atau rata-rata 3,3 ton per flight," ucapnya.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bermain bola dengan pemain bola lokal Papua di acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2021 di Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan,Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021)
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bermain bola dengan pemain bola lokal Papua di acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2021 di Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan,Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021) (PB PON XX Papua / M Solihin)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved