Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Berlaku Sejak 17 Agustus 2021, Hingga Kini  Lion Air Masih Gratiskan Bagasi 20 KG

Maskapai penerbangan, Lion Air hingga kini masih  menggratiskan biaya bagasi sebanyak 20 kilo kepada penumpang Lion Air. 

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Hari Widodo
faturahman
Ilustrasi-Penumpang Pesawat di Bandara H Asan Sampit, saat antre menunggu barang bawaan di bagasi bandara. 

BANJARMASINBPOST.CO.ID, BANJARBARU - Maskapai penerbangan, Lion Air hingga kini masih  menggratiskan biaya bagasi sebanyak 20 kilogram kepada penumpang Lion Air. 

Gratis Bagasi 20 kilogram ini sejak 17 Agustus silam.

Sebelumnya, untuk penerbangan Lion Air dikenakan tarif bagasi per kilo 35 ribu, Kini dengan kebijakan baru diberikan gratis sampai 20 kilogram. 

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, Rabu (6/10/2021) menjelaskan bahwa pihaknya masih menggratiskan bagasi 20 kilo sejak 03 Agustus 2021 hingga saat ini. 

Baca juga: Sambut Momen Kemerdekaan 17 Agustus, Lion Air Berikan Gratis Bagasi 20 Kilogram

Baca juga: VIRAL Video Aksi Heroik Seorang Pemuda di Bandara, Bantu Tanpa Pamrih Masalah Bagasi Ibu Tiga Anak

"Sampai kapan belum ditentukan. Tunggu pemberitahuan lebih lanjut (until further notice/ UFN)," kata Danang Mandala. 

Dijelaskannya, Fasilitas ini sebagai kategori bagasi tercatat atau terdaftar (checked baggage), yaitu barang bawaan penumpang yang diserahkan dan dilaporkan melalui petugas di meja pelaporan terminal keberangkatan bandar udara (check-in counter) setelah ditimbang dan dibawa ke ruang bagasi atau kompartemen kargo pesawat udara. 

Dijelaskannya, “Gratis Bagasi 20 Kg” berlaku khusus pada semua jadwal penerbangan rute domestik Lion Air yang dilayani pergi pulang (PP). Calon penumpang masih diperbolehkan membawa bagasi kabin maksimal 7 Kg per orang. 

Area Manager Lion Air Banjarmasin, Agung Purnama, juga membenarkan bahwa kebijakan itu masih berlaku. 

"Iya masih berlaku, jadi masih gratis 20 kilogram," kata Agung Purnama. 

Sementara itu, salah satu warga Banjarbaru Hasanuddin mengaku kebijakan tersebut sangat menguntungkan bagi warga. Sebab jika dikenakan tarif bagasi maka akan semakin mahal. 

"Kalau saya ke Surabaya biasanya bawa barang bawaan untuk keluarga di Jawa. Dan itu biasanya sampai 19 kilogram," kata dia. 

Dijelaskan dia, Harga tiket Lion Air sejauh ini masih murah jika dibandingkan dengan maskapai lainnya. "Apalagi ini ditambah bagasi free 20 kilogram jadi makin senang," kata dia. 

Baca juga: Tidur di Bagasi Mobil Membuat Ferdian Selamat dari Maut, 4 Keluarganya Tewas Mengenaskan

Kebijakan ini juga dianggap menguntungkan bagi pelaku UMKM di Banjarbaru jika mana mau kirim barang ke Jawa. Satu di antaranya UMKM makanan Salehuddin. 

"Kalau ke Jawa kan mau kirim. Saya sekalian kirim dan saya bisa sambil belanja di Surabaya. Nah barang biasanya saya bawa dan berharap free bagasi ini. Kalau free bagasi begini jadi sangat membantu kami. pastinya harga lebih terjangkau," kata Salehuddin. (Banjarmasinpost /Nurholis Huda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved