Breaking News:

Berita Kabupaten Banjar

Lokasi Pembangunan Bendungan Riam Kiwa di Kabupaten BanjarTunggu Penetapan Kepala Daerah

Ada dua desa terdampak rencana pembangunan Bendungan Riam Kiwa, yaitu Desa Angkipih dan Desa Paramasan Bawah, Kecamatan Paramasan, Kabupaten Banjar

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
HM Hilman, Sekda Banjar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Rencana pembangunan Bendungan Riam Kiwa di Provinsi Kalimantan Selatan sudah memasuki proses pengadaan lahan.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mendelegasikan Pemerintah Kabupaten Banjar melaksanakan inventarisasi, konsultasi publik di Kecamatan Paramasan.

Ada dua desa yang terdampak rencana pembangunan Bendungan Riam Kiwa, yaitu Desa Angkipih dan Desa Paramasan Bawah, Kecamatan Paramasan, Kabupaten Banjar.

Konsultasi publik itu melibatkan narasumber dari Balai Wilayah Sungai Kalimantan III untuk desain Bendungan dan manfaat yang diperoleh masyarakat dengan keberadaan Bendungan Riam Kiwa tersebut.

Baca juga: Rela Antre 6 Jam di Halaman Makodim Banjar, Warga Tanahlaut ini Senang Divaksin Dosis Kedua

Baca juga: Kebakaran di Kalsel, Api Berkobar Dinihari, 12 Rumah Hangus di Sungai Tabuk Keramat, Banjar

Selain itu, narasumber dari Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan Selatan untuk proses pengadaan lahan Bendungan Riam Kiwa.

"Alhamdulillah, pada prinsipnya masyarakat dalam konsultasi publik itu, sangat setuju dibangun Bendungan Riam Kiwa dengan catatan mendapatkan ganti untung," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, H Mokhammad Hilman, Kamis (7/10/2021).

Saat ini, Mokhammad Hilman mengaku Bupati Banjar akan membentuk tim untuk menetapkan lokasi pembangunan untuk kepentingan umum, Bendungan Riam Kiwa.

"Ada Satgas A dan Satgas B yang dibentuk untuk proses hingga penerimaan hasil dari pengadaan lahan tersebut," katanya usai pelantikan pejabat administrator dan pengawas di Mahligai Sultan Adam, Kota Martapura.

Mokhammad Hilman menegaskan dua desa yang menjadi lokasi pembangunan Bendungan Riam Kiwa sudah final dan sudah disampaikan saat konsultasi publik.

"Proses pengerjaan fisik, mungkin jika tidak ada penundaan akan dilaksanakan awal Januari 2022 nanti. Balai Wilayah Sungai Kalimantan III yang akan melaksanakan pembangunan fisik Bendungan Riam Kiwa," katanya.

Baca juga: Penggantian Gate Valve, Distribusi Air ke Pelanggan PDAM Bandarmasih Terganggu

Baca juga: Raih BKN Award 2021, Bupati Tabalong Terus Prioritaskan Kualitas ASN dan Pelayanan

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved