Breaking News:

Berita Banjarmasin

Banjarmasin Masih PPKM Level 4, DPRD Minta Dinkes Tingkatkan Capaian Vaksinasi dan Sinkronkan Data

Komisi IV DPRD Banjarmasin meminta Dinkes Banjarmasin meningkatkan vaksinasi dan sinkronisasi data

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin, Noorlatifah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Banjarmasin tertahan di PPKM Level 4. Status PPKM yang diumumkan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) ini pun diprotes oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.

Pasalnya vonis tersebut dinilai tidak sesuai dengan kondisi di lapangan, yang mana beberapa indikator yang menjadi syarat turun level terpenuhi.

Hal ini pun cukup menjadi perhatian Komisi IV DPRD Banjarmasin, yang belum lama tadi langsung mengunjungi Dinas Kesehatan (Dinkes) yang selama ini mengelola data.

Setelah mengkonfirmasi ke Dinkes Banjarmasin, Komisi IV DPRD Banjarmasin pun menilai syarat penurunan level pun sudah terpenuhi.

Baca juga: Protes Vonis PPKM Level 4 Direspon Jubir Kemenko Perekonomian, Ini Tanggapan Wali Kota Banjarmasin

Baca juga: Banjarmasin PPKM Level 4, RSUD Sultan Suriansyah Ternyata Kosong Pasien Covid-19

"Memang berdasarkan data terkonfirmasi positif, baik secara harian maupun mingguan sudah sangat rendah dan juga konfirmasi keterisian di rumah sakit sangat minim. Dan sudah memenuhi standar turun level," ujar Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin, Noorlatifah.

Meskipun demikian, perempuan yang akrab disapa Lala ini pun menggarisbawahi bahwa capaian vaksinasi khususnya lansia di Banjarmasin memang masih rendah.

"Secara keseluruhan vaksinasi sudah mencapai 50 persen lebih. Tetapi kalau dibreakdown untuk dosis pertama hanya 50 persen dan dosis kedua 30 persen, kemudian lansia hanya 25 persen. Mungkin ini yang menjadi kendala kita belum bisa turun level," katanya.

Terkait hal ini pula, Lala pun berharap Pemko Banjarmasin khususnya melalui Dinkes terus menggeber capaian vaksinasi.

Baca juga: Masih PPKM Level 4, PTM SD dan SMP di Banjarmasin Tetap Berlanjut, Begini Penjelasan Kadisdik

Dan tidak kalah penting juga, Lala berharap Dinkes Banjarmasin lebih intensif melakukan komunikasi dan koordinasi terkait dengan data.

"Paling penting adalah mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan dengan pemerintah provinsi sampai ke pusat untuk update dan sinkronisasi data. Kan ini juga secara online, tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan input data dan sebagainya," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved