Breaking News:

Stimulus Pajak

Tahun Depan Usaha Mikro Beromzet di Bawah Rp 500 Juta Bebas PPh Final

Bagi pengusaha mikro kecil dengan omzet di bawah Rp 500 juta. Pemerintah telah membebaskan pajak penghasilan ( Pph) finalnya, berlaku tahun depan.

Istimewa/tribunnews.com
ILustrasi pajak. Tahun Depan Usaha Mikro Beromzet di Bawah Rp 500 Juta Bebas PPh Final 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Kabar gembira bagi pengusaha mikro kecil yang beromzet di bawah Rp 500 juta. Pemerintah telah membebaskan pajak penghasilan ( Pph) finalnya, berlaku tahun depan.

Adapun kebijakan memberikan keringanan kepada usaha kecil tersebut tertuang dalam Bab III Pajak Penghasilan pasal 7 ayat 2a Undang-Undang (UU) tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).

Ketentuan dalam beleid yang baru diundangkan pada Kamis (7/10/2021) ini, akan mulai berlaku pada tahun pajak 2022.

Baca juga: Diskon Pajak Kendaraan Dongkrak Penerimaan PKB, Kini Tersisa Rp15 Miliar dari Target Rp50 Miliar

Baca juga: Berikan Layanan Terbaik, BPPRD Kabupaten Tabalong Tandatangani Akselerasi Pelayanan Pajak

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan dalam ketentuan yang berlaku sebelumnya, tak ada batas bawah pengenaan PPh Final Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pajak UMKM sebesar 0,5% tersebut dikenakan atas usaha dengan omzet sampai dengan Rp 4,8 miliar per tahun.

“Saya ingin sampaikan bahwa UU HPP ini memberikan keberpihakan kepada UMKM dengan sekarang memberikan batasan kalau pendapatan dari usahanya tidak mencapai Rp 500 juta setahun maka tidak kena PPh,” kata Sri Mulyani saat Konferensi Pers UU HPP, Kamis (7/10/2021).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S)

Kata Menkeu, insentif tersebut ditujukan bagi usaha di kelas mikro dan ultra mikro. Ia menambahkan dengan ketentuan teranyar, PPh Final yang dibayarkan UMKM dengan penghasilan di atas Rp 500 juta per tahun juga akan lebih murah. Dilansir dari Tribunnews.com dengan judul Hore, Usaha Mikro Beromzet di Bawah Rp 500 Juta Tahun Depan Bebas PPh Final.

Ilustrasinya, usaha mikro dengan peredaran bruto sebesar Rp 1,2 miliar per tahun atas Rp 500 juta penghasilan yang didapat dalam lima bulan pertama maka tidak dikenakan PPh Final.

Baca juga: Sektor Pendapatan Pajak Kendaraan dan Air Permukaan Dimaksimalkan Bakeuda Kalsel

Baca juga: Emas 36,42 gram yang Diserahkan Ricky untuk Bayar Pajak ke Samsat Banjarbaru Diambil Pihak Keluarga

Barulah tujuh bulan setelahnya dengan peredaran bruto Rp 700 juta, dikenakan PPh Final. Maka di akhir tahun pajak terkait, PPh Final terutang menjadi sebesar Rp 3,5 juta. Lebih rendah Rp 2,5 juta dibandingkan sebelum adanya UU HPP yang mencapai Rp 6 juta.

“Jadi kalau ada para pengusaha warung kopi, warung makanan tidak mencapai Rp 500 juta per tahun mereka tidak dikenakan pajak. Selama ini tidak ada batasan tersebut yang penghasilannya Rp 10 juta, Rp 100 juta per tahun tetap kena PPh Final,” ucap Menkeu.

Artikel ini tayang di Kontan Usaha mikro dengan omzet di bawah Rp 500 juta dapat insentif pembebasan PPh final

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved