Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Harga Telur Ayam Ras di Kalsel Dikhawatirkan Turun, Imbas Anjloknya di Jawa

Anjloknya harga telur ayam ras di Pulau Jawa yang saat ini menyentuh sekitar Rp. 13.000 per Kilogram dikhawatirkan berimbas harga telur di kalsel

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
Harga Telur ayam ras di eceran saat ini Rp 20 ribu/kg. 

BANJARMASINBPOST.CO,ID, BANJARBARU - Anjloknya harga telur ayam ras di Pulau Jawa yang saat ini menyentuh sekitar Rp. 13.000 per Kilogram dikhawatirkan akan memberikan dampak pada penurunan harga telur di Kalsel.

Pada saat ini harga telur sekitar Rp. 18,000 ditingkat produsen dan Rp.20.000 di tingkat eceran. Harga ini, masih dibawah harga HPP yaitu Rp. 22.000Rp. 23,000. 

Menurut Kepala DINAS Perdagangan Kalsel (Kadisdag), Birhasani, harga telur ayam ras paling bawah sampai Rp 5.000 dibawah harga acuan, meskipun harga di Pulau Jawa murah, pedagang sudah mengurangi mendatangkan telur dari Pulau Jawa karena harga di Kalsel sendiri sudah turun. 

"Turunnya harga di KaISeI sebenarnya hanya menyesuaikan saja, karena jika tidak para pedagang akan ambil dari Jawa. Secara permintaan pasar dan stok untuk telur ayam ras petelur relatif cukup normal" urai Birhasani. 

Baca juga: Stok Melimpah, Harga Telur Ras Alami di Banjarmasin Alami Penurunan

Baca juga: Permintaan Kurang, Harga Telur Ayam di Kalsel Kian Merosot

Pada kesempatan ini dilaksanakan juga peninjauan ke salah satu toko grosir telur.

Harga telur di distributor untuk telur dari Jawa Rp.17.800 dan telur dari Kalsel sendiri Rp. 18.000 per kg. 

Meskipun begitu, telur dari Kalsel lebih disukai oleh konsumen karena lebih segar. Sedangkan di tingkat pengecer harga telur rata-rata Rp. 20.000 per kilogram dan hanya sebagian kecil yang menjual Rp. 21.000 per kg. 

Sementara menurut keterangan distributor, di Banjarmasin saat ini datangnya telur dari Jawa masih berkisar 100 ton per minggu dan belum ada peningkatan kuantitas. (Banjarmasinpost.co.id /Nurholis Huda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved