Breaking News:

Berita Nasional

Kelas Online Buddha Dharma Institut Dong Zen Indonesia Angkatan Kedua (IDZI-2) Resmi Dibuka

Upacara pembukaan IDZI-2 berlangsung secara virtual melalui zoom meeting berlangsung Jumat, 8 Oktober 2021.

Editor: Hari Widodo
Dok BPost
Ilustrasi-Umat Budha bersembahyang dengan khusuk di Kelenteng Karta Raharja (Po An Kiong) di Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Upacara pembukaan IDZI-2 berlangsung secara virtual melalui zoom meeting Jumat, 8 Oktober 2021.

Antusiasme para siswa untuk mempelajari Buddhisme Humanistik melalui Program IDZI-2 ini terlihat dari jumlah siswa yang meningkat 2 kali lipat dari program sebelumnya.

Program ini ditujukan untuk generasi muda Indonesia berusia 18-40 tahun yang berminat mempelajari ajaran Buddhisme Humanistik yang diperkenalkan dan dikembangkan oleh Master Hsing Yun, pendiri Fo Guang Shan, vihara terbesar di Taiwan yang memiliki lebih dari 300 cabang di lima benua.

Program ini terdiri dari sepuluh pertemuan yang akan berlangsung setiap Jumat mulai 8 Oktober – 10 Desember 2021 dengan guru pengajar Bhiksu atau Bhiksuni lulusan Universitas Tsung Lin, Fo Guang Shan, Taiwan.

Materi yang akan diajarkan meliputi: Karakter Humanistik Buddha, Bagaimana menjadi seorang Buddhis yang baik, Meditasi, Sutra Hati dari sudut pandang Buddhisme Humanistik, Hidup Berkesadaran, Buddhism and Youth, serta Zen Tangle.

Baca juga: Jelang Imlek 2020, Nyala Lilin Kuil Dewi Kwan Im di Vihara Budha Mulai Dihidupkan, Begini Suasananya

Baca juga: Berdiri Sejak 1986, Vihara Pertama Umat Buddha di Halong Kini Nampak Megah

Tidak hanya pembelajaran satu arah dari guru ke siswa, sesi diskusi kelompok setelah pembelajaran akan mengajak para siswa untuk menggali lebih dalam materi pelajaran dan terlebih bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sambutannya, Bhiksuni Jue Pei menyampaikan bahwa kegelisahan, kekhawatiran tiap orang berbeda-beda. Dengan belajar Buddhisme, kita belajar mengenal diri sendiri.

Di dalam pembelajaran dengan jalan boddhisattva, kita tidak hanya dapat menolong diri sendiri, tapi juga dapat menolong orang lain.

Bhiksu Nirmana Sasana, Pembina Institut Dong Zen Indonesia (IDZI) menyampaikan bahwa IDZI merupakan jembatan bagi muda mudi Indonesia untuk belajar Buddha Dharma.

Master Hsing Yun mengatakan bahwa kita selayaknya memilih tempat yang memiliki Buddha Dharma dan welas asih.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved