Breaking News:

Berita Tabalong

Tabalong Siap Jadi Food Estate Lumbung Padi Kalsel, Pembangunan Bendung Jaro 2 Diharapkan Dipercepat

Hasil panen padi di Tabalong, khususnya di Kecamatan Jaro yang berbatasan langsung dengan Kaltim, sudah sangat berlimpah.

Penulis: Dony Usman | Editor: Eka Dinayanti
prokopim pemkab tabalong
-Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat ikuti panen raya di Desa Nalui Kecamatan Jaro 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Menjadi kabupaten di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang akan paling berdekatan dengan Ibu Kota negara baru di Kaltim, Tabalong siap jadi lumbung padi.

Terlebih saat ini hasil panen padi di Tabalong, khususnya di Kecamatan Jaro yang berbatasan langsung dengan Kaltim, sudah sangat berlimpah.

Selain siap menjadi food estate lumbung padi di Kalsel, Tabalong juga sangat siap sebagai pintu gerbang Kalsel dalam kaitannya dengan ibu kota negara baru.

Ini disampaikan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat panen raya di Desa Nalui, Kecamatan Jaro, dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, dalam rangkaian Vaksinasi Bergerak di Ponpes Al Madaniyah Jaro, Jumat (8/10).

Baca juga: Yayasan Sayangi Sesama Tabalong Inisiasi Lahirnya Majelis Nurul Anwar Kambitin

Baca juga: Satu Peserta Tes SKD CPNS Tabalong Jalani Ujian di Ruang Khusus, Suhu Tubuh Lebihi Normal

Menurut Bupati Anang, untuk panen padi hasil tanaman petani kali ini yang disaksikan langsung gubernur, jumlahnya mencapai lebih dari 8 ton.

Sedangkan sebelumnya bekerjasama dengan Bank Kalsel panen padi mencapai 13 ton dan juga bekerjasama dengan Sarikat Tani Indonesia produksinya sampai 16 ton.

"Ini artinya apa? Artinya Kecamatan Jaro dan Kabupaten Tabalong siap menjadi food estate lumbung padi Kalimantan Selatan," katanya.

Soalnya, nantinya mereka yang berada di ibu kota baru untuk mencari beras pasti akan datang ke daerah terdekat dan Jaro merupakan kecamatan di Tabalong yang berbatasan langsung.

Kesiapan menjadi lumbung padi di Kalsel ini, imbuh Anang, tentunya tetap tak luput dari dukungan yang diberikan Paman Birin sebagai Gubernur Kalsel.

Salah satunya, tiga tahun lalu gubernur sudah menyetujui pembangunan Bendung Jaro 2 di Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong.

Baca juga: Di DPRD HST, Akademisi ULM Beberkan Modus Meloloskan Izin Tambang Saat Ada Penolakan Keras

Baca juga: Warga Landasan Ulin Banjarbaru Gempar, Diduga Ada Orang Tenggelam di Bekas Galian Ekcavator

Rencana ini juga sudah ditindaklanjuti Pemkab Tabalong dengan mengusulkannya sesuai dengan mekanisme perencanaan.

Hanya saja dari informasi Balai Sungai dan Rawa, pembangunan Bendung Jaro 2 ini baru akan dilakukan tiga tahun mendatang setelah Hulu Sungai Tengah dan Kotabaru.

Pembangunan Bendung Jaro 2 inilah yang diharapak Bupati Anang bisa dipercepat agar jangan sampai terjadi ketika ibu kota negara baru sudah ada Bendung Jaro 2 baru mulai dibangun.

"Jadi saya minta dukungan gubernur kalau bisa didahulukan, karena jangan sampai Bendung Jaro 2 dibangun setelah ibu kota negara baru sudah ada," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/donyusman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved