Breaking News:

Travel

Wisata Religi Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana Banjarbaru, Diresmikan Sejak 14 November 1983

Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana ini diresmikan oleh Gubernur Daerah Tingkat I Kalimantan Selatan Mistar Cokrokusumo pada tanggal 14 November 1983.

Penulis: Salmah | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin
Tugu Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana, Jl A Yani Km 24, Landasan Ulin Banjarbaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana ini diresmikan oleh Gubernur Daerah Tingkat I Kalimantan Selatan Mistar Cokrokusumo pada tanggal 14 November 1983.

Lokasi Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana memang tak sulit dijangkau.

Posisinya berada di tepi jalan raya yaitu Jl Ahmad Yani Km24, Landasan Ulin, Banjarbaru. Sebab itu bisa dijadikan wisata ziarah bagi Anda yang ingin merasakan wisata berbeda.

Sebagaimana nama makam yaitu Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana, jelas bahwa di sini bermakam para pahlawan bangsa dari Kalimantan Selatan baik dari kalangan militer, kepolisian maupun masyarakat.

Baca juga: Kebakaran di Banjarmasin Jalan Sultan Adam, Gudang Toko Bangunan Ludes Polisi Selidiki Sebab Api

Baca juga: Jumlah ODGJ di Banjarmasin Meningkat Tajam, Total Nyaris Tembus Seribu Orang

Baca juga: Rapat Koordinasi Daerah, Ketua FKUB Kalsel Sebut Nilai Kerukunan Umat Beragama di Kalsel Cukup Baik

Mereka telah berjasa kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah ikut serta berjuang untuk kemerdekaan maupun mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Saat peringatan Proklamasi Kemerdekaan, Hari Pahlawan atau peringatan lainnya Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana menjadi tempat ziarah dan tabur bunga serta renungan.

Prasasti peresmian TMP Bumi Kencana.
Prasasti peresmian TMP Bumi Kencana. (banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Memasuki lokasi pemakaman, kita disambut halaman yang luas dan area parkir yang lega. Sehingga kita mudah memarkir kendaraan roda dua maupun empat atau kendaraan besar lainnya.

Bangunan pagar makam dibuat dari beton yang kokoh dengan tulisan Taman Makam Pahlawan Buki Kencana ukuran besar. Pintu masuk cukup besar menuju makam.

Sebelumnya ada pendopo di sisi kiri halaman makam untuk kita beristirahat sebelum atau sesudah berziarah. Juga ada toilet di dekat pendopo tersebut.

Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Kencana di Landasan Ulin Banjarbaru
Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Kencana di Landasan Ulin Banjarbaru (banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Pemakaman ini memiliki monumen berupa tugu yang didesain seperti bambu runcing yang menandakan perjuangan bangsa Indonesia mengusir penjajah.

Penataan taman sangat rapi, semua makam bertulis nama dan jalur-jalur yang memudakan peziarah melintas di antara makam para pejuang bangsa dan mendoakan mereka.

(banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved