Breaking News:

Berita HSU

Dukung Wisata Susur Rawa Swargaloka, Dermaga Kapal di Desa Pulantani Direncanakan Diperluas

Dermaga Kapal di Desa Pulantani direncanakan diperluas untuk mendukung wisata susur rawa swargaloka

Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati
Pencari purun di desa Pulantani menurunkan purun di dermaga yang rencananya akan diperluas untuk mendukung wisata susur rawa swargaloka. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Di Desa Pulantani Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memiliki dermaga yang posisinya tak jauh dari kantor desa.

Dermaga ini biasa digunakan warga untuk tambat perahu sebelum digunakan untuk mencari ikan, mencari tanaman purun atau untuk transportasi air. 

Ke depan, dermaga ini direncanakan diperluas untuk mendukung wisata susur rawa swargaloka.

Kepala Desa Pulantani Ibnu Attaillah mengatakan saat ini dermaga yang digunakan memang masih kecil dan berencana akan dilakukan pelebaran. Saat camat berkunjung pun, rencana itu disampaikan. 

Baca juga: Wisata Kalsel, Susur Rawa Swargaloka HSU, Perjalanan yang Memicu Adrenalin

Baca juga: Wisata Kalsel, Susur Rawa Swargaloka HSU Pengunjung Dimanjakan Lukisan Alam Perdesaan

Dermaga ini juga menjadi tempat parkir saat ada pengunjung ke Objek Wisata Swargaloka yang merupakan wisata susur rawa swargaloka.

"Jika pengunjung menggunakan sepeda motor biasanya diparkir di dermaga, dengan dermaga yang lebih luas maka lebih nyaman," ujarnya. 

Lewat dermaga ini bisanya warga juga mengangkut hasil pertanian dan tanaman purun yang biasa digunakan oleh warga untuk bahan dasar pembuatan kerajinan. 

Untuk menuju ke Dermaga melalui Titian kecil terlebih dahulu sehingga biasanya untuk menuju Dermaga memang lebih mudah menggunakan kendaraan roda dua jika banyak pengunjung yang datang menggunakan kendaraan roda dua maka diperlukan lahan dermaga yang lebih luas untuk memarkir kendaraan.

Belum lama ini dari pihak Desa beserta warga juga telah melakukan gotong royong untuk membersihkan jalur transportasi air yang merupakan daerah rawa Karena jika tidak dibersihkan maka biasanya akan ditutupi oleh tanaman liar dan mengganggu baling-baling Perahu.

Baca juga: Wisata Kalsel, Kepak Sayap Burung Liar yang Beterbangan Menambah Seru Susur Rawa Swargaloka HSU

Dermaga yang ada di tiap Desa diharapkan bisa terus ditingkatkan kualitasnya Hal ini karena masih banyak warga yang melakukan aktivitas menggunakan jalur transportasi air.

Perbaikan Dermaga juga telah digosokkan kepada pihak Kecamatan dan berharap akan ada ada kabar baik berupa perluasan Darmaga desa. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved