Breaking News:

Berita Banjarmasin

Pameran Museum Wasaka Banjarmasin, Ragam Senjata Pejuang dan Pistol Brigjen Hasan Basri Ditampilkan

Puluhan koleksi senjata pejuang dipamerkan di halaman Museum Wasaka Banjarmasin, hari ini yang bertajuk pameran temporer.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Pameran temporer di Museum Wasaka Banjarmasin, Senin (11/10/2021) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Puluhan koleksi senjata tajam dipamerkan di Halaman Museum Wasaka Banjarmasin, hari ini Senin (11/10/2021).

Pameran bertajuk Pameran Temporer ini, menjadi rangkaian kegiatan Hari Museum Indonesia yang digelar hingga Kamis (15/10/2021).

Adapun senjata tajam yang dipamerkan mulai dari pisau belati, mandau, pedang, tombak dan lain sebagainya. Dan di antaranya merupakan senjata milik pejuang.

Tak kalah menarik juga, dalam ajang ini dilakukan perawatan beberapa koleksi yang ada di Museum Wasaka, yakni dengan cara dicuci.

Baca juga: PTM Hari Pertama di Banjarbaru, Sekolah Sediakan Tempat Pembelajaran Outdoor

Baca juga: PTM Perguruan Tinggi di Kalsel, STIKIP PGRI Banjarmasin Jadwalkan Awal November 2021

Baca juga: Jalan Masuk Pasar Kemakmuran Viral di Facebook, PT BKW Kirim Bantuan Batu

Salah satu koleksi Museum Wasaka yang dicuci untuk membuang karatnya tersebut, tidak lain adalah senjata api atau pistol milik almarhum Brigjen Hasan Basri.

Senjata api milik Brigjen Hasan Basri ini, dihibahkan oleh keluarga sekitar dua tahun lalu kepada Museum Wasaka Banjarmasin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Selatan (Kalsel), Yusuf Effendi menerangkan kegiatan ini digelar sekaligus untuk memeringati wafatnya Pangeran Antasari.

"Tadi pagi kita juga melakukan peringatan wafatnya Pangeran Antasari, kemudian dilaksanakan juga Pameran Temporer ini," katanya.

Yusuf Effendi menambahkan dengan digelarnya pameran ini, diharapkan menjadi inspirasi bahkan juga semakin memupuk jiwa patriotisme dan nasionalisme.

"Koleksi yang ditampilkan juga mengandung nilai sejarah, sehingga ada nilai kejuangan yang diberikan oleh pahlawan kita. Semoga menginspirasi kita," pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved