Breaking News:

Berita Banjarmasin

Selain Jembatan di Komplek Pandu, Ini Empat Jembatan Lainnya di Banjarmasin yang akan Dibongkar

pembongkaran jembatan terkait normalisasi sungai tidak hanya di Komplek Pandu. Masih ada empat lagi jembatan yang juga akan dibongkar

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Jembatan menuju Komplek Pandu di Jalan A Yani Banjarmasin sudah mulai dibongkar terkait dengan program normalisasi sungai, Selasa (12/10/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Program normalisasi sungai di kawasan kanal atau sungai di Jalan A Yani Banjarmasin, mulai dilakukan oleh Pemko Banjarmasin khususnya melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Bahkan jembatan yang menjadi akses ke permukiman warga dan menghambat aliran sungai, khususnya ketika debit air tinggi pun mulai dibongkar.

Dari pantauan banjarmasinpost.co.id, Selasa (12/10/2021) siang, jembatan yang berada di depan Komplek Pandu sudah dibongkar lebih dari separo.

Warga pun diberi akses sementara untuk berjalan kaki, dengan dibangunnya jembatan sementara tidak jauh dari lokasi jembatan utama dibongkar.

Baca juga: Warga Keluhkan Jembatan Darurat Pasca Dibongkarnya Jembatan Komplek Pandu Banjarmasin

Baca juga: Bangun Jembatan Darurat Desa Haruyan Dayak, Babinsa Batubenawa Bersama Warga Gotong-royong

Kabid Jembatan Dinas PUPR Banjarmasin, Thomas Sigit menerangkan ada sekitar lima jembatan yang ada di kawasan Jalan A Yani yang akan dilakukan pembongkaran.

"Lima jembatan ini yaitu di Komplek Pandu, jembatan menuju SD Muhammadiyah 9, Gang Permata, Gang TVRI dan Gang Andin Permata," ujarnya.

Setelah dilakukan pembongkaran, Thomas Sigit pun memastikan bahwa jembatan-jembatan tersebut akan dibangun ulang, dengan konsep sesuai Surat Edaran (SE) Wali Kota Banjarmasin, tentang prototipe Jembatan Bangunan Gedung (JBG).

"Titik paling rendah jembatan itu 20 centimeter dari permukaan air saat terjadinya banjir. Tidak ada tiang atau pilar di tengah jembatan," jelasnya.

Pembongkaran sekaligus pembangunan kelima jembatan ini lanjutnya, ditarget rampung tahun ini juga.

"Sesuai teknis, di akhir bulan Desember, semua jembatan sudah bisa difungsikan seperti biasa," tambah seraya menerangkan bahwa total dana yang dianggarkan sebesar Rp 1,8 Miliar.

Baca juga: VIDEO Jembatan Putus di Pulaulaut Utara Kabupaten Kotabaru Masih Belum Dibangun

Disinggung mengenai adanya keluhan warga di Komplek Pandu khususnya terkait jembatan sementara agar bisa dibuat lebih layak lagi, Thomas Sigit pun mengatakan akan segera menindaklanjutinya.

"Ini kita akan ke lokasi untuk menyerap aspirasi dari warga," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved