Breaking News:

Berita Banjarmasin

Siaga Hingga Dini Hari, Blue Light Patrol Dit Lantas Polda Kalsel Cegah Munculnya Aksi Balap Liar

Cegah balap liar, Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Kalsel menggiatkan Program Blue Light Patrol

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
Ditlantas Polda Kalsel untuk BPost
Personel Dit Lantas Polda Kalsel dalam kegiatan Blue Red Patrol menekan aksi balap liar di jalan raya Kota Banjarmasin, Selasa (12/10/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mengantisipasi dan menekan aksi balapan liar di jalan raya, Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Kalsel menggiatkan Program Blue Light Patrol yang diinisiasi oleh Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, Kombes Pol Maesa Soegriwo.

Diintensifkan setiap malam Sabtu dan malam Minggu, satu regu personel Dit Lantas Polda Kalsel bekerjasama dengan Sat Lantas Polresta Banjarmasin disiagakan di titik-titik rawan balapan liar.

Utamanya yaitu di sekitar Fly Over Jalan A Yani kilometer emapt hingga kilometer enam dan di sejumlah titik lainnya di Kota Banjarmasin.

"Setiap kegiatan Blue Light Patrol diterjunkan satu regu minimal sepuluh personel. Dibantu juga dari Sat Lantas Polresta Banjarmasin," kata Ps Kasubdit Gakkum Dit Lantas Polda Kalsel, Kompol Fauzan Arianto.

Baca juga: Bocil Lakukan Balap Liar, Polsek Padang Bantung HSS Amankan 11 Motor dan Pengendara

Baca juga: Terjaring Razia Balap Liar di Banjarbaru, Hasil Swab Lima Remaja Positif Corona

Dengan hadirnya personel Kepolisian kata dia efektif dapat menekan munculnya aksi balap liar di jalan raya.

Selain itu, jika pun terjadi aksi balap liar, maka dengan cepat dapat dihalau dan ditertibkan oleh petugas yang sudah bersiaga.

"Jadi standby sejak malam bahkan sampai dini hari," kata Kompol Fauzan.

Meski siap untuk melakukan penindakan berupa tilang terhadap para pelaku balap liar, namun sasaran utama dalam kegiatan Blue Light Patrol kata dia adalah untuk mencegah munculnya aksi balap liar sejak awal.

Karena itu, dalam kegiatan Blue Light Patrol, personel Dit Lantas Polda Kalsel juga tak lelah memberikan edukasi dan pengertian kepada masyarakat khsusunya anak-anak muda yang berkumpul di sepinggir jalan raya dan diduga akan melakukan aksi balap liar.

Baca juga: VIDEO Lima Dari Sebelas Remaja Terjaring Blokade Balap Liar, Hasil Swabnya Positif

Aksi balap liar kata dia tentu jelas menyalahi aturan.

Pasalnya selain sangat berbahaya karena menimbulkan risiko kecelakaan lalu lintas bagi pelaku balap liar maupun pengendara lain, namun balapan liar juga tentu menimbulkan kebisingan yang mengganggu ketertiban. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved