Breaking News:

Berita Banjarmasin

Usai Diprotes, PPKM Banjarmasin Turun Level 3

Pemko Banjarmasin akhirnya turun ke PPKM Level 3 setelah sebelumnya sempat tertahan di level 4

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Kepala Dinkes Banjarmasin, Machli Riyadi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Keinginan Pemko Banjarmasin untuk bisa keluar dari status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 sepertinya terwujud.

Seperti diketahui, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) kembali menetapkan Banjarmasin berstatus PPKM Level 4 sejak 5 Oktober 2021 hingga 18 Oktober 2021.

Hal ini pun mendapatkan protes dari Pemko dan juga tim Satgas Covid-19 Banjarmasin, karena angka kasus Covid-19 sudah melandai.

Bahkan beberapa indikator yang menjadi syarat untuk penurunan level untuk Banjarmasin dinilai sudah memenuhi persyaratan.

Baca juga: BREAKING NEWS: Kota Banjarmasin Tak Lagi PPKM Level 4, Turun ke Level 3 di Penanganan Covid-19

Baca juga: Banjarmasin Masih PPKM Level 4, DPRD Minta Dinkes Tingkatkan Capaian Vaksinasi dan Sinkronkan Data

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina pun sempat bersurat untuk meminta dilakukan koreksi terkait penetapan status tersebut.

Dan Senin (11/10/2021) malam, Ketua KPC-PEN khususnya wilayah luar Jawa-Bali, Airlangga Hartarto mengumumkan Banjarmasin sudah turun level, yakni dari PPKM Level 4 menjadi PPKM Level 3 melalui konfrensi pers virtual.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Banjarmasin, Machli Riyadi pun mengatakan apa yang sudah diumumkan tersebut sudah sesuai dengan data yang dimiliki Dinkes Banjarmasin.

"Malah kalau dilihat faktanya di Banjarmasin sebenarnya sudah di PPKM Level 2. Tapi kita mengikuti saja, dan tentu kita juga bersyukur sudah turun levelnya," jelas pria yang juga menjabat Kepala Dinkes Banjarmasin ini.

Disinggung mengenai kemungkinan nantinya penurunan status pada asesmen mingguan ini bakal berbeda pada pengumuman KPC-PEN pada 18 Oktober 2021 nanti, seperti yang terjadi sebelumnya, Machli pun mengaku tetap optimistis.

"Memang riilnya sudah berkurang, jadi kita tidak perlu khawatir. Mudah-mudahan saja nanti tetap turun levelnya," jelasnya.

Baca juga: Banjarmasin PPKM Level 4, RSUD Sultan Suriansyah Ternyata Kosong Pasien Covid-19

Berdasarkan keputusan KPC PEN sebelumnya, Banjarmasin ditetapkan berstatus PPKM Level 4 hingga 18 Oktober 2021, Machli pun mengaku akan segera disesuaikan.

"Akan segera kita sesuaikan (terapkan PPKM Level 3, red), apalagi ini sudah diumumkan oleh Kemenko, Airlangga Hartarto sehingga kita pun harus menyesuaikan," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved