Breaking News:

Berita Balangan

Jelang Pilkades, Calon Kades di Tiga Desa Kecamatan Halong Ini Deklarasikan Pilkades Damai

Tiga desa di wilayah Kecamatan Halong mengikuti gelaran Pilkades Serentak di Kabupaten Balangan.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
Polsek Halong untuk BPost
Seluruh calon kepala desa di Kecamatan Halong ikuti Deklarasi Damai Pilkades Serentak yang berlangsung di Aula Kantor Camat Halong, Rabu (13/10/2021) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Tiga desa di wilayah Kecamatan Halong mengikuti gelaran Pilkades Serentak di Kabupaten Balangan.

Ketiga desa ini, khususnya calon kepala desa, dihadirkan pada acara Deklarasi Damai Pemilihan Kades Serentak Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, di Aula Kecamatan Halong, Rabu (13/10/2021).

Tiga desa yang melaksanakan Pilkades yakni Desa Buntu Pilanduk, Desa Marajai dan Desa Halong.

Sementara untuk calon kepala desa ada dua orang pada Desa Marajai dan Buntu Pilanduk.  Kemudian di Desa Halong ada lima calon Kades. 

Baca juga: Tahun Depan Pilkades Serentak Berlangsung di Tanbu, Digelar di 54 Desa

Baca juga: Pilkades Tabalong 2021, Dua Desa Kecamatan Pugaan Sudah Tetapkan Nomor Urut Calon Kades

Pada acara yang dihadiri oleh jajaran Forkopimcam ini,  panitia penyelenggara Pilkades pada masing-masing desa juga dihadirkan. Begitu pula dengan calon kepala desa. 

Secara bersamaan, mereka membaca naskah deklarasi damai Pilkades serentak. Kemudian melakukan penandatanganan deklarasi tersebut. 

Pada kegiatan tersebut, Kapolsek Halong, Iptu Krismianto, menerangkan, ada beberapa penekanan yang disampaikan kepada calon kepala desa.  Di antaranya agar para calon Kades dapat menerima hasil Pilkades serentak. 

Kemudian wajib menjaga sportifitas dalam pelaksanaan kegiatan dan menghindari gesekan antar pendukung calon Kades sehingga dapat mempengaruhi Sitkamtibmas yang kondusif. 

Selain itu ucap Iptu Krismianto, calon Kades harus mematuhi peraturan Pilkades Serentak, dan tetap mematuhi Prokes sesuai anjuran pemerintah,

"Tak kalah penting, tetap berkoordinasi dengan pihak TNI atau Polri dan instansi terkait lainnya apabila ada kendala dalam pentahapan dan pada saat pelaksanaan pemungutan suara Pilkades serentak," ucap Iptu Krismianto. 

Baca juga: Tiga Orang Mencalon di Pilkades Buntu Pilanduk Kabupaten Balangan

Hingga saat ini ucap Kapolsek, sepengetahuannya, tahapan Pilkades Serentak sudah berjalan sesuai jadwal. Kemudian berlanjut pada proses rekrutmen KPPS hingga tanggal 16 Oktober 2021.

Ia juga mengingatkan agar pada setiap tahapan penyelenggaraan Pilkades serentak selalu menerapkan protokol kesehatan. Hal itu sebagai upaya mencegah penyebaran Covid 19 di Balangan. 

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved