Breaking News:

Berita Banjarbaru

Kadisdikbud Kalsel Belum Terima Edaran Afirmasi 100 Persen Bagi Peserta PPPK Guru Usia 50 Tahun

Kadisdikbud Kalsel HM Yusuf Effendi mengatakan belum ada menerima edaran terkait kebijakan apirmasi bagi Peserta PPPK Guru Usia 50 Tahun

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
BANJARMASINPOST.CO.ID/STANISLAUS SENE
Ilustrasi-CPNS Kalsel 2021. Peserta tes PPPK guru diperiksa suhu tubuh sebelum masuk ruangan di SMAN 1 Rantau, Kota Rantau, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (15/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kemendikbud Ristek telah memberikan afirmasi tambahan poin 100 persen bagi guru honorer di atas usia 50 tahun dalam seleksi guru aparatur sipil negara pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (ASN PPPK) 2021 ini.

Pemberian afirmasi tambahan diberikan oleh panselnas. Ada dua afirmasi yang diberikan, yaitu 100 persen nilai tambahan dari kompetensi teknis, dan 10 persen nilai tambahan dari aspek manajerial sosiokultural. 

Selain itu panselnas juga memberikan tambahan 10 persen dari nilai maksimal kompetensi teknis bagi seluruh peserta PPPK. 

Dalam kebijakan sebelumnya, afirmasi tambahan yang diberlakukan pada seleksi guru PPPK adalah 100 persen tambahan nilai bagi yang sudah memiliki sertifikat pendidik, 15 persen bagi usia di atas 35 tahun.

Baca juga: Peserta Lulus Seleksi PPPK HST Hanya 192 Orang, Masa Sanggah Diberikan Satu Minggu

Baca juga: Menpan RB Tjahjo Kumolo : Tak Ada Penerimaan CPNS di Tahun 2022, Simak Pula Nasib PPPK

Sementara untuk penyandang disabilitas, pemerintah memberikan nilai tambahan 10 persen dan guru honorer K-II mendapat tambahan nilai 10 persen.

Pemberian afirmasi tambahan 100 persen ini bahkan sudah diberikan pada seleksi PPPK guru tahap 1 yang lalu.

Kadisdikbud Kalsel HM Yusuf Effendi Rabu (13/10/2021) mengatakan belum ada menerima edaran terkait kebijakan tersebut.

"Kita lihat saja perkembangannya nanti gimana," ujarnya.

Sementara Sekretaris Disdikbud Kalsel Hadeli yang menangani seleksi PPPK guru di Kalsel meminta agar menanyakan ke BKD Kalsel.

Pelaksanaan seleksi PPPK guru di Kalsel sendiri dikoordinir oleh Disdikbud Kalsel yang membawahi Disdik kabupaten kota. 

Pemerintah juga melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberikan nilai afirmasi tertinggi pada peserta seleksi PPPK guru berusia 50 tahun.

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri PAN-RB Nomor 1169 Tahun 2021 tentang Pengolahan Hasil Seleksi Kompetensi I dan Penyesuaian Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021.

Artinya seleksi Kompetensi Teknis guru berusia 50 tahun dianggap lolos karena passing grade dibuat 0 alias tanpa batas nilai.

Baca juga: Tahun 2022 Tak Ada Rekrutmen CPNS, Simak Penjelasan BKN dan Kabar Terbaru PPPK

Sebagai informasi, dalam proses seleksi PPPK guru 2021 peserta mengikuti Tes Kompetensi Teknis sesuai formasi guru yang dituju.

Sementara tahapan lain misalnya Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural, dan terakhir Tes Wawancara hingga kini tidak ada. (Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved