Breaking News:

Berita HSS

Kampung Haruan Pertama di Indonesia, Bupati Inginkan Katupat Kandangan Ikannya Gabus

Bupati HSS Achmad Fikry mencanangkan Desa Asam sebagai Kampung Gabus Haruan (Gahar).

Penulis: Eka Pertiwi | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/eka pertiwi
Bupati HSS Achmad Fikry mencanangkan Desa Asam sebagai Kampung Gabus Haruan (Gahar), Rabu (13/10/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Katupat Kandangan dikenal sebagai kuliner khas Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan sejak zaman dahulu. 

Katupat Kandangan yang khas yakni berlauk ikan gabus atau ikan haruan.

Berkembangnya zaman dan sulitnya ikan haruan, banyak warung tak lagi menggunakan ikan haruan dan menggantinya dengan ikan tauman. 

Pasalnya selain sulit harga haruan cukup tinggi. Bahkan ikan predator ini menjadi penyumbang inflasi di Kalimantan Selatan. 

Baca juga: BPBAT Mandiangin Budidaya Ribuan Ekor Ikan Gabus Haruan, Siapkan Indukan dan Teknologi Pembenihan

Baca juga: Warga Diajari Tim Pengabdian Perikanan ULM Olah Haruan Diproduksi Jadi Sosis dan Siomay

Baca juga: Pasokan Ikan Haruan untuk Lokal Masih Kurang, Pemprov Kalsel Kembangkan Kampung Haruan

Agar kebutuhan ikan haruan di Hulu Sungai Selatan bisa terpenuhi, melalui Desiminasi Teknologi Model Percontohan Pembenihan Ikan Gabus Haruan di Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar (Pokdatan) Sumber Pulau Basar Desa Asam, Kecamatan Sungai Raya, Bupati HSS Achmad Fikry mencanangkan Desa Asam sebagai Kampung Gabus Haruan (Gahar).

Bupati HSS, Achmad Fikry mengaku senang, gembira bahkan bangga atas Pencanangan Kampung Gabus Haruan Desa Asam Kecamatan Sungai Raya. Karena ini masih satu-satunya di Indonesia, maka kemungkinan banyak orang yang akan belajar ke Desa Asam.

Bahkan bebernya saat kunjungan Gubernur Kalsel Sabtu lalu ia sempat melaporkan rencana Pencanangan ini. Menurutnya Gubernur Kalsel sangat senang dan gembira. 

"Gubernur ingin setelah ada Kampung Gabus Haruan ini, tidak ada lagi menu Katupat Kandangan menggunakan ikan tauman sebagai lauknya. Kampung Gabus Haruan ini sudah berkembang, ingatkannya untuk dapat memprioritaskan menyuplai ikan untuk pedagang Katupat di Kandangan," katanya.

Baca juga: Bupati H Achmad Fikry Kunjungi Warga Desa Asam Kabupaten HSS yang Budidayakan Ikan Haruan

Selain itu, Bupati HSS juga merencanakan untuk berkunjung ke Balai Perikanan Budidaya Ikan Air Tawar yang berpusat di Mandiangin Kabupaten Banjar. Hal ini dilakukan untuk melihat proses pembenihan disana secara langsung.

Karena sudah menandatangani komitmen bersama, Bupati juga berpesan kepala Bappelitbangda untuk segera membuat master plan. Sehingga semua OPD yang terlibat yang menandatangi komitmen ini memiliki program yang jelas terhadap pengembangan Kampung Gabus Haruan di Desa Asam. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved