Breaking News:

Berita HST

Kebakaran di Kalsel, Delapan Toko di Pasar Keramat HST Terbakar, Pemkab Segera Lakukan Perbaikan

Para pedagang yang menempati bangunan milik Pemkab Hulu Sungai Tengah itupun terlihat pasrah saat membersihkan toko masing-masing.

Penulis: Hanani | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/hanani
Pertokoan yang terbakar di Pasar Keramat Barabai. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Sebanyak 8 unit toko di Pasar Keramat Barabai,Kabupaten Hulu Sungai Tengah terbakar pada peristiwa kebakaran Selasa 12 Oktober 2021 sekitar pukul 19.30 wita.

Pantauan banjarmasinpost.co.id, Rabu (13/10/2021) bangunan permanen itu hangus bersama barang-barang dagangan di dalamnya hingga menjadi arang.

Para pedagang yang menempati bangunan milik Pemkab Hulu Sungai Tengah itupun terlihat pasrah saat membersihkan toko masing-masing.

Sekitar pukul 10.30 wita, terlihat Wakil Bupati HST H Masnyah Sabri beesama Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UMKM H Sahruli memantau kondisi kios yang terbakar bersama jajaran Dishub dan Satpol PP.

Baca juga: Api di Pasar Keramat Barabai Sudah Dapat Dikuasai, Polisi Lakukan Penyelidikan Penyebab Kebakaran

Baca juga: Kebakaran Hanguskan Rumah di Dua RT di Banjarmasin, Resmob Macan Kalsel Turun Berikan Bantuan 

Sahruli mengatakan, 8 unit toko yang terbakar menjual berbagai macam barang.

Seperti sembako, alat listrik, buku kitab, toko makanan ringan, kosmetik, serta toko perak dan perhiasan imitasi.

Menurut Sahruli, untuk jangka pendek Pemkab HST secepatnya mengembalikan fugsi bangunan dengan melakukan perbaikan berkoordinasi dengan Dinas PUPR.

"Sedangkan untuk jangka panjang, pada APBD Perubahan telah dianggarkan master plan untuk penataan dan penertiban kembali pasar Keramat dalam rangka memberikan kenyamanan baik kepada pedagang maupun pengunjung," katanya.

Mengenai kerugian akibat terbakarnya aset Pemkab HST dan barang milik pedagang, Sahruli mengatakan belum melakukan penghitungan dan masih berkoordinasi dengan para pedagang yang tokonya terbakar.

Baca juga: Sambut HDKD 2021, Rutan Marabahan Gelar Minisoccer Karutan Cup

Baca juga: Diserbu Nelayan Kotabaru, KRI Hasan Basri-382 Bagikan Paket Sembako

"Yang jelas ratusan juta rupiah," kata Sahruli.

Sementara Wabup HST H Mansyah Sabri mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati.

"Sebelum meninggalkan rumah atau toko bagi yang punya toko pastikan melepas alat elektonik dari colokan listrik. Atau jika ada kabel yg sudah keropos segera diganti atau menghubungi PLN," katanya.

Wabup pun berharap kabel-kabel yang semrawut agar ditertibkan sebagai upaya preventif mencegah terjadinya arus pendek listrik.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved