Breaking News:

Berita Batola

Taman Wisata Alam Pulau Bakut Batola Kembali Dibuka, Pengunjung Masih Sepi

Pasca ditutup sekitar satu setengah tahun lalu karena pandemi, Wisata Alam Pulau Bakut yang terdapat di bawah Jembatan Barito Kembali dibuka.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/muhammad tabri
Gerbang Selamat Datang yang menyambut pengunjung yang berwisata ke Wisata Alam Pulau Bakut, Rabu (13/10/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Pasca ditutup sekitar satu setengah tahun lalu karena pandemi, Wisata Alam Pulau Bakut yang terdapat di bawah Jembatan Barito Kembali dibuka. 

Objek wisata alam ini telah dibuka sejak 4 Oktober 2021 lalu sesuai edaran BKSDA Provinsi Kalsel, seiring menurunnya angka sebaran kasus Covid- 19. Baik di tingkat provinsi maupun Kabupaten Barito Kuala, dimana Pulau Bakut berlokasi. 

Hingga hari ini, memasuki pekan kedua serelah dibuka, antusias pengunjung belum terlihat tinggi. Setidaknya kondisi itu yang diutarakan Zainuddin, petugas piket yang ditemui Banjarmasinpost Rabu (13/10/2021) siang. 

"Mungkin karena baru dibuka kembali ini, pengunjung belum terlalu mengetahuinya," terang Zainuddin. 

Baca juga: Mahasiswa Geografi FISIP ULM Amati Kekayaan Biodiversitas di TWA Pulau Bakut Kalsel

Baca juga: Bekantan Day 28 Maret 2020, ini Kisah di Balik Lahirnya Hari Bekantan Dideklarasikan di Pulau Bakut

Baca juga: Indahnya Wisata Bawah Jembatan Barito, Akses ke Pulau Bakut dan Curiak

Ia pun menuturkan, kawasan konservasi bekantan seluas 15 hektar lebih ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan. Baik untuk berkegiatan atau sekedar santai menikmati alam. 

Wisata Alam Pulau Bakut sendiri memiliki bentang alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti yang diungkapkan Ainun, pengunjung asal Banjarmasin.

Kali pertama berkunjung ia cukup terkesan dengan sejuknya udara dengan kelengkapan sejumlah fasilitas yang ada. 

"Ternyata bagus tempatnya, cocok juga untuk spot berfoto dan bersantai," ucapnya. 

Meski baru kali pertama berkunjung, Ainun bersama pasangannya mengaku iseng saja menuju lokasi ini. Ia oun tidak tahu kalau Wisata Alam Pulau Bakut sudah dapat dikunjungi kembali. 

Awalnya ia hanya penasaran. Setiap melintas di badan jembatan selalu melihat menara pandang serta titian kayu yang membelah semak di bawah Jembatan Barito. 

"Pokoknya penasaran aja, jadi iseng ke sini, dan ternyata buka," celetuk Ainun. 

Baca juga: VIDEO Jalan-jalan ke Taman Wisata Alam Pulau Bakut Barito Kuala, Ongkos Menyeberang Hanya Rp 10 Ribu

Karena terletak di tengah sungai, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Wisata Alam Pulau Bakut harus menaiki perahu penyeberangan yang ada di dermaga tepat di Bawah Jembatan Barito dengan tarif 10 ribu per orang untuk pulang pergi (PP). 

Sedangkan tarif masuk kawasan wisata dikenakan biaya 10 ribu per orang untuk wisatawan lokal pada hari kerja, sesangkan hari libur 12.500 rupiah. Bagi wisatawan asing atau mancanegara dikenakan 100 ribu per orang pada hari biasa dan 150 ribu untuk hari libur. (Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved