Breaking News:

Berita Balangan

Dua Bulan Belum Dibayarkan, Insentif Nakes di Balangan Bakal Segera Dibayarkan 

Insentif tenaga kesehatan (Nakes) di Balangan juga belum dibayarkan yakni Agustus dan September.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Ahmad Sauki menjelaskan insentif nakes segera dibayarkan, Kamis (14/10/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN -  Tunggakan pembayaran Insentif tenaga kesehayan (nakes) juga terjadi di Kabupaten Balangan.

Insentif yang belum diterima yakni pada Bulan Agustus hingga September. Dimana saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan sedang mengurus proses administrasi. 

Sebagaimana disampaikan oleh Kasi Sumber Daya Kesehatan Masyarakat (SDKM) Dinkes Balangan, Arif Rahman Hakim, sebelumnya Nakes di Kabupaten Balangan telah menerima insentif pada tahun 2020 dan 2021 periode Januari hingga Juli. 

Pemkab Balangan telah membayarkan insentif Nakes senilai Rp 3,3 M pada tahun 2020 lalu. Kemudian 2021, dianggarkan Rp 3,7 M untuk insentif Nakes yang sudah dibayarkan pula. 

Baca juga: Tunggakan Insentif Nakes di Banjarmasin Mencapai Rp 2,4 Miliar

Baca juga: Imbas Covid-19 Turun, Ruang Isolasi Terpusat di HSU Sudah Dua Pekan Kosong, Nakes Tetap Berjaga

Saat ini sebutnya, yang masih dalam proses klaim yakni untuk Bulan Agustus dan September yang tinggal menunggu arahan dari Badan Keuangan Daerah Kabupaten Balangan. 

Lebih lanjut, urusan administrasi terhadap pencairan dana insentif bagi Nakes itu pun masih dalam proses. Begitulah yang juga diutarakan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Ahmad Sauki. 

Sebutnya, pembayaran insentif Nakes yang dikeluhkan sedang tertunda, karena Dinkes Balangan perlu melakukan kelengkapan administrasi yang masih harus diproses. 

Namun perihal anggaran telah disiapkan dan tinggal pemenuhan kelengkapan administrasi untuk pencairan dana insentif tersebut. 

"Saat ini prosesnya sedang berjalan dan dalam waktu dekat insentif sudah bisa dicairkan," ucap Sauki, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Angka Perawatan Covid-19 di HSS Tersisa 7 Kasus, Nakes di Eks RSUD Hasan Basry Tak Dikurangi

Pentingnya administrasi terang Sauki tidak bisa diindahkan dalam proses tersebut. Mengingat segala bentuk penggunaan anggaran pemerintah harus dapat dipertanggungjawabkan. 

Tentunya dalam setiap tahapan untuk pembayaran insentif tersebut, Dinkes Balangan ucap Sauki terus berkoordinasi dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Balangan. Serta pihak rumah sakit dan seluruh Nakes yang terdaftar.  (Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved