Breaking News:

Berita Banjarmasin

Insiden Tabrakan KM Mila Utama di Sungai Barito, KSOP Kelas I Banjarmasin Duga Nakhoda Miskomunikasi

SOP Kelas I Banjarmasin menduga penyebab KM Mila Utama keberangkatan Surabaya tujuan Banjarmasin karena adanya miskomunikasi narkoda

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/muhammad rahmadi
KM Mila Utama saat sandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, usai mengalami tabrakan dengan tongkang pengankut batu bara, di perairan Sungai Barito. Rabu (16.9/2021) malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin menduga penyebab KM Mila Utama keberangkatan Surabaya tujuan Banjarmasin, yang bertabrakan dengan tongkang TB Herlina akibat adanya dugaan Miskomunikasi, Rabu (15/9/2021) lalu.

Dijelaskan Kepala Bidang Keselamatan Berlayar, Penjagaan, Patroli & Penyidikan, KSOP Kelas I Banjarmasin, Ison Hendrasto, ST, MH bahwa saat kecelakaan terjadi, kondisi air laut sedang surut.

Selain faktor alam, trafik yang padat juga menjadi faktor terjadinya tabrakan kapal tersebut. Sehingga membuat sejumlah kapal yang melintas, mencoba mempertahankan posisi di jalurnya masing-masing, dan tabrakan pun tak dapat terhindarkan.

"Saat kejadian kondisi air sedang surut, sehingga kapal-kapal melintas berupaya berada di dalam as alur, dan tabrakan pun tidak bisa terhindari," kata Ison, Selasa (14/10/2021).

Baca juga: Tabrakan KM Mila Utama di Perairan Sungai Barito, Sejumlah Truk Angkutan Alami Kerusakan

Baca juga: Tabrakan KM Mila Utama di Sungai Barito, KSOP Kelas I Banjarmasin Lakukan Pemeriksaan

Lanjut Ison menjelaskan bahwa pemeriksaan atas insden tersebut sudah selesai pihaknya lakukan.

"Sampai dengan penyampaian berita acara pemeriksaan pendahuan, dan sudah kami sampaikan ke Rektorat Jendral Perhubungan Laut," ujarnya.

Dari hasili tu jelas Ison kemudian dijadikan oleh Rektorat Jendral Perhubungan Laut, untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Kami belum bisa menyimpulkan, tetapi kami sudah menghimpun semua keterangan, sehingga nanti ada tindakan pemeriksaan lanjutan," ucapnya.

Agar kejadian tersebut tidak terjadi lagi, Ison mengaku pihaknya telah mengeluarkan surat edaran.

Berisi tentang imbauan agar setiap kapal yang melintas alur masuk barito, dapat menstabilkan kecepatan kapal.

Baca juga: VIDEO Tabrakan KM Mila Utama di Perairan Sungai Barito, Truk Angkutan Alami Kerusakan

Selain itu juga mengimbau agar para Nakhoda lebih meningkatkan komunikasinya.

"Yang terpenting adalah kami sudah mengimbau melalui surat edaran, agar setiap kapal yang melintas di alur harus memiliki kecepatan yang cukup dan aman. Kemudian juga harus bisa meningkatkan komunikasi antar nakhoda, dan di harapkan kejadian serupa tidak terjadi lagi," jelasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved