Breaking News:

Berita Tabalong

Kwarcab Tabalong Rencanakan Penambahan Tenaga Pelatih Pramuka

Untuk menambah jumlah tenaga pelatih Pramuka di Tabalong dibuka peluang bagi Pembina yang sudah mengikuti Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjutan

Penulis: Dony Usman | Editor: Eka Dinayanti
Kwarcab Tabalong
Ketua Harian Kwarcab Tabalong, H Yuhani saat buka kegiatan Pitaran Pelatih 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Tabalong akan menambah jumlah tenaga pelatih Pramuka di Tabalong.

Untuk menambah jumlah tenaga pelatih Pramuka di Tabalong maka akan dibuka peluang bagi Pembina Pramuka yang sudah mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan (KML) untuk dapat melanjutkan jenjang pendidikannya dengan mengikuti Kursus Pelatih Dasar (KPD).

Menurut Ketua Hariab Kwarcab Tabalong, H Yuhani, saat ini hanya ada dimiliki sebanyak 25 tenaga pelatih Pramuka.

"Itu pun sebagian di antaranya ada yang sudah tidak aktif dikarenakan berbagai kendala," katanya.

Baca juga: KPK Masih Berada di Tabalong, Lanjutkan Pemeriksaan Kasus OTT HSU

Baca juga: Kasus OTT KPK di HSU, Markas Brimob Tabalong Jadi Tempat Diperiksanya Eks Ajudan Bupati HSU

Sehingga peluang untuk melanjutkan jenjang pendidikannya dengan mengikuti Kursus Pelatih Dasar (KPD) direncanakan akan dibuka bagi Pembina Pramuka yang sudah mengikuti KMD dan Kursus KML

"Saya sudah membicarakan ini di Kwarda Kalsel, bahwa kita akan melaksanakan KPD pada saat rapat kordinasi. Kita punya anggarannya," terangnya.

Dirinya berharap kegiatan KPD dapat diikuti jajaran pengurus Kwartir Ranting yang ada di Tabalong dan tidak menutup kemungkinan juga bisa diikuti peserta dari luar Tabalong.

Sebagai langkah awal rencana KPD ini, telah dilakukan kegiatan Pitaran Pelatih di Wisma Tamu Bersinar, Pembataan, Murung Pudak, Tabalong, Rabu (13/10/2021).

Kegiatan diikuti sebanyak 25 orang dari Korps Pelatih dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Tabalong.

Baca juga: Warga Tanahlaut Antusias Ikut Vaksinasi di Markas PDIP, Muhamad Ngaku Langsung Tergugah Hati

Baca juga: Kabur ke Kalsel, Tersangka Persetubuhan Terhadap Anak di Bawah Umur Ditangkap Polisi Gabungan

Ketua Pelaksana Kegiatan Pitaran Pelatih, Endang Handajani, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai persiapan menjelang pelaksanaan KPD.

Disamping itu, Pitaran Pelatih ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelatih pembina pramuka dalam berbagai hal.

"Seperti manajemen kepelatihan, metodologi, kepelatihan, psikologi terapan, keterampilan informasi teknologi, keterampilan menginovasi dan mengimprovisasi bahan latihan serta keterampilan kewirausahaan," jelas Endang.

Selanjutnya, untuk pelaksanaan KPD jika tidak perubahan akan di laksanakan selama lima, dari 24 hingga 28 November 2021.

(banjarmasinpost.co.id/donyusman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved