Breaking News:

Berita Tapin

PUPR Tapin Siapkan Dua Rencana Detail Tata Ruang di Lokasi ini

tujuan penyusunan RDTR ini untuk menyiapkan bahan yang akan menjadi landasan spesial dalam pembangunannya

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/stan
Kepala Dinas PUPR Tapin, H. Yustan Azidin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Upaya menyiapkan tata ruang menjadi kawasan yang strategis, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tapin ekspose pendahuluan dan konsultasi public Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Informasi yang dihimpun Banjarmasinpost.co.id Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang diekspose ini akan dilaksanakan di Kawasan Rantau Baru dan Binuang.

Ekspos pendahuluan dipandu Dinas PUPR Tapin, H. Yustan Azidin ST dan dihadiri para jajaran SOPD lingkup Tapin dan stakeholder terkait.

Kepala Dinas PUPR Tapin Yustan Azidin mengatakan tujuan penyusunan RDTR ini untuk menyiapkan bahan yang akan menjadi landasan spesial dalam pembangunannya sehingga menjadi dasar pemberian izin dan instrument pengendalian pemanfaatan ruang.

Baca juga: Terbantu Pelayanan Adminduk di Desa, Disdukcapil Tapin Apresiasi 40 Aparat Desa

Baca juga: Penutupan Jalan Hauling Desa Suato Tatakan Tapin Tuai Reaksi, Petugas Amankan Protes Massa

"Sekaligus itu juga sebagai arahan bagi masyarakat dalam pengisian pembangunan fisik serta penyediaan ruang bagi pengembangan kawasan perkotaan di Rantau dan Binuang," jelasnya, Jumat (15/10/2021).

Yustan mengatakan RDTR ini sebagai bahan pendahuluan sebelum ditetapkan sebuah kawasan strategis, yang nantinya akan dibuat sebuah payung hukum.

"Sebelum disiapkan payung hukum, raperda terkait RDTR harus ada tahapan yang dilalui yakni uji konsultasi public dan diskusi bersama untuk menyerap aspirasi masyarkat," lanjutnya.

Ia mengatakan RDTR kawasan perkotaan mempunyai fungsi untuk mengatur dan menata kegiatan fungsional yang direncanakan dalam perwujudan ruang yang aman serasi, seimbang, nyaman dan produktif.

(Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved