Breaking News:

Berita Banjarbaru

Terdampak Pandemi Covid-19, Seniman Campursari di Kota Banjarbaru Berharap Perhatian Pihak Terkait

Pandemi Covid-19 turut memberikan dampak terhadap Seniman Campursari tak terkecuali juga bagi Group Campursari Budhoyo Manunggal di Banjarbaru

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Syaiful Akhyar
Purwoko untuk banjarmasinpost.co.id
Seniman Group Campursari Budhoyo Manunggal Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pandemi Covid-19 turut memberikan dampak terhadap Seniman Campursari tak terkecuali juga bagi Group Campursari Budhoyo Manunggal di Banjarbaru, Sabtu (16/10/2021).

Pimpinan Group Campursari Budhoyo Manunggal, Purwoko mengatakan, selama pandemi dan adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Banjarbaru tidak ada kegiatan.

"Benar-benar tidak ada kegiatan selama diberlakukan PPKM, dan baru besok, Minggu (17/10/2021) kami akan kembali berkegiatan memberikan hiburan kesenian Campursari," ujar Purwoko saat ditemui dikediamannya.

Besok perdana Group Campursari Budhoyo Manunggal tampil di acara hajatan setelah Banjarbaru dinyatakan turun level menjadi 2.

Baca juga: 116 Anak di Banjarbaru Terdata Menjadi Yatim Hingga Yatim Piatu, Jaminan Sekolah Belum Diketahui

Baca juga: Jasad Akhirnya Ditemukan, Nelayan Desa Kerumputan Kotabaru Tenggelam di Perairan Tanjung Pelayar

Baca juga: Nama H Ibnu Sina Wali Kota Banjarmasin Masuk Bursa Pemilihan Ketua DPD Demokrat Kalsel

"Hingga Desember nanti, kami sudah ada jadwal pentas di Kota Banjarbaru dan lainnya," ujarnya.

Jelas hal ini disambut bahagia semua kru Campursari Budhoyo Manunggal.

Dipaparkannya, tidak bisanya pentas dimasa PPKM jelas memberikan dampak, terlebih beberapa kru serta penyanyi atau sinden hanya menggantungkan hidup dari Campursari.

Namun, keadaan tersebut justru membuat penyanyi atau sinden menjadi kreatif, diantaranya membuat kue. Jujur saja, Group Campursari kami ini banyak anggotanya sekitar 15 orang dan bahkan 18 orang.

Purwoko berharap, level Kota Banjarbaru bisa kembali turun dan berlalu sehingga bisa leluasa ngejob, baik Group Campursari Budhoyo Manunggal serta lainnya.

Lebih lanjut, ia juga berharap perhatian dari pemerintah dan pihak terkait terhadap pengembangan dan pelestarian terhadap seni budaya.

"Sejauh ini ada perhatian, tetapi intensitasnya masih belum maksimal. Kita harapkan bisa dikemas lebih baik meski sebetulnya kami sudah bisa berdiri sendiri," katanya.

Seniman Group Campursari Budhoyo Manunggal Banjarbaru.
Seniman Group Campursari Budhoyo Manunggal Banjarbaru. (Purwoko untuk banjarmasinpost.co.id)

Dan kunci pentingnya juga adalah kepedulian masyarakat, tanpa perhatian masyarakat siapa yang akan memberikan job.

Untuk itu, dirinya menginginkan Kesenian di Banjarbaru bisa di ikut sertakan dalam berbagai event-event untuk melestarikannya agar tidak punah dan diakui yang lain.

(banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved