Breaking News:

Berita HSU

Desa Pulantani HSU Dapatkan Penghargaan Desa Proklim

Desa Pulantani Kecamatan Haur Gading terus mengembangkan Program Kampung Iklim (ProKlim).

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co,id/reni kurniawati
Warga Desa Pulantani HSU mencari purun, Minggu (17/10/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Desa Pulantani Kecamatan Haur Gading terus mengembangkan Program Kampung Iklim (ProKlim).

Proklim adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat.

Untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Kepala Desa Pulantani Ibnu Attaillah mengatakan pihanya terus berupaya agar aktifitas ekonomi warga tetap terus berjalan meskipun adanya perubahan iklim. 

Baca juga: Anggaran Terbatas, 2 Desa Proklim Binaan DLH Kotabaru Raih Penghargaan Kementerian LHK

Baca juga: Kunjungi Desa Bumi Jaya Tala, DLH Balangan Ajak Aparat Desa Sungai Batang Pelajari Sistem Proklim

"Saat musim penghujan daerah Pulantani banyak ysng yang merupakan daerah rawa sehingga para petani banuak yang beralih profesi menjadi pencari ikan," ujarnya. 

Pelaksanaan Proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim, dimana di dalamnya terkandung komponen utama, syarat pengusulan, penilaian dan kategori Proklim.

Dalam pertauran menteri tersebut juga disinnggung bahwa ProKlim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa.

Dan pada puncak kegiatan festival iklim Tahun 2021 memberikan penghargaan kepada pelaksana Proklim salah satunya adalah Desa Pulantani.

Baca juga: Wakili Kalsel Desa Jaro Tabalong Dapat Tropi Utama Proklim dari Kementerian LH dan Kehutanan

"Penghargaan diberikan kepada desa yang aktif menjalankan Proklim serta aktif mendukung dan mengembangkan Proklim sebagi bentuk kontribusi nyata para pihak dalam upaya pengendalian perubahan iklim. 

Dengan adanya Proklim yang dijalankan warga lebih siap dalam menjalankan aktifitas yang memiliki perbedaan iklim. "Saat musim penghujan biasanya pengrajin juga telah mempersiapkan purun yang banyak agar tetap bisa memproduksi kerajinan," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved