Breaking News:

Berita Banjar

Proyek Air Santri Dikerjakan, Warga Desa Murung Kenanga Berharap Ekonomi Berkembang

Proyek pembangunan infrastruktur kawasan Air Santri di Desa Murung Kenanga, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar mulai dikerjakan

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Hari Widodo
banjamasinpost.co.id/Mukhtar wahid
Inilah papan proyek pengerjaan infrastruktur penataan kawasan Air Santri di Desa Murung Kenanga, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (17/10/2021).  

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Proyek pembangunan infrastruktur kawasan Air Santri di Desa Murung Kenanga, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai dikerjakan. 

Air Santri adalah akronim dari Aman, Indah, Ramah dan Santun Tertata Rapi dari bantuan Pemerintah Pusat. Proyek itu sudah ditinjau pejabat eselon I dari Kementerian PUPR RI satu bulan yang lalu. 

Kini, sejumlah tiang pancang sudah didirikan pelaksana pengerjaan di pinggir Sungai Martapura, di lingkungan RT 6 Desa Murung Kenanga, sekitar 200 meter. 

Pengerjakan proyek itu setiap petang menjadi tontonan warga karena untuk mendirikan tiang pancang itu harus menggunakan alat berat.

Baca juga: Berada di Desa Murung Kenanga Martapura, Progres Proyek Air Santri Dikunjungi Pejabat PUPR Pusat

Baca juga: KalselPedia - Bakal Terbangun Ruang Terbuka Publik di Desa Murung Kenanga Kabupaten Banjar

Bahan tiang pancang beton dievakuasi dari Desa Telok Selong, lokasi parkir material, kemudian dilangsir melalui Sungai Martapura menggunakan kapal tongkang yang ditarik kapal tugboat dan didorong dua kapal motor.

Ketua RT 6 Desa Murung Kenanga, Syairillah mengaku aktivitas pemgerjakan proyek siring itu sudah berlangsung satu pekan lebih.

"Sudah 10 hari pengerjaan pemasangan tiang pancang untuk siring. Setiap hari ada warga dari luar desa Murung Kenanga melihat pengerjaan Siring tersebut," katanya.

Syairillah berharap proyek penataan kawasan di Desa Murung Kenanga membawa perekonomian warganya meningkat karena tidak sedikit pelaku usaha mikro kecil menengah jenis pangan olahan.

Selain itu, di Desa Murung Kenanga terdapat obyek wisata Kubah Wali Lima yang kerap dikunjungi peziarah.

"Tentu dengan selesainya kawasan Air Santri semakin banyak wisatawan domestik yang berkunjung. Apalagi kawasan itu nantinya dibangun menara arah kiblat, ruang terbuka publik, Siring, dua dermaga di sebelah Utara dan Selatan, tujuh titik instalasi pengolahan air limbah," katanya.

Baca juga: VIDEO Aparatur Desa Murung Kenanga Serahkan BLT DD di RSUD Ratu Zalecha

Kepala Desa Murung Kenanga, Mahfud berharap kawasan Air Santi itu tidak hanya semangat dalam pembangunan saja.

"Paling berat itu memelihara Infrastruktur yang sudah terbangun. Kami berharap masyarakat Desa Murung Kenanga semangat memelihara hasil pembangunan," katanya. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved