Breaking News:

Maulid Nabi 2021

25 BACAAN Selawat Nabi dalam Bahasa Arab dan Latin, Dianjurkan untuk Menyambut Maulid Nabi 2021

19 Oktober 2021, umat Islam di dunia akan merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Ini 25 bacaan selawat Nabi menyambut Maulid Nabi 2021

MC Pemkab Banjar
Bupati Banjar H. Saidi Mansyur dan Wakilnya Habib Idrus Al-Habsyie menghadiri peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Yayasan As-Salamah di Desa Madurejo Kecamatan Sambung Makmur, Kabupaten Banjar, Minggu ( 17/10/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Besok, 19 Oktober 2021, umat Islam di dunia akan merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Momen istimewa itu disebut Maulid Nabi.

Seperti diketahui, Maulid Nabi Muhammad SAW selalu diperingati tiap 12 Rabiul Awal. Tahun ini bertepatan 12 Rabiul Awal 1443 Hijriah, jatuh pada Selasa (19/10/2021).

Berikut ini 25 bacaan selawat Nabi yang bisa dibaca menyambut Maulid Nabi 2021.

Seperti diketahui, masyarakat muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan-perayaan keagamaan seperti pembacaan sholawat nabi, pembacaan syair Barzanji dan pengajian.

Menurut penanggalan Jawa, bulan Rabiul Awal disebut bulan Mulud, dan acara Muludan juga dirayakan dengan perayaan dan permainan gamelan Sekaten. Ada juga tradisi endhog-endhogan yang dilaksanakan oleh masyarakat Jawa-Using di Banyuwangi, Jawa Timur. 

Baca juga: JANGAN Lupa Baca Sholawat Nabi Muhammad SAW Hari Ini, Sambut Maulid Nabi 2021 Besok

Baca juga: 11 Sholawat Umum Dibacakan Pada Maulid Nabi Muhammad SAW 2021, Berikut Amalan di Rabiul Awal

Namun kini dengan adanya pandemi covid-19, kegiatan tersebut dibatasi bahkan tidak bisa digelar.

Kendati begitu, umat muslim masih bisa mengerjakan amalan-amalan kebaikan lainnya, satu di antaranya memperbanyak membaca selawat.

Tahun ini, hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau dikenal dengan sebutan Maulid Nabi itu akan diperingati pada 19 Oktober 2021.

Sebenarnya tidak doa atau amalan khusus untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Namun, umumnya kalangan muslim memanjatkan doa dan melantunkan shalawat sebagai bentuk rasa cinta kepada Kekasih Allah SWT tersebut.

Sembilan kelompok maulid habsyi memeragakan keahliannya melantunkan kasidah yang diiringi tabuhan gendang tarbang, Selasa (6/3/2012) malam.
Sembilan kelompok maulid habsyi memeragakan keahliannya melantunkan kasidah yang diiringi tabuhan gendang tarbang, Selasa (6/3/2012) malam. (dok banjarmasinpost.co.id)
Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved