Breaking News:

Berita Banjarmasin

Dua Nama Ramaikan Bursa Pemilihan Ketua DPD Demokrat Kalsel, H Ibnu Sina dan Russian Resmi Calon

Dua nama calon yakni  H Ibnu Sina dan Russian muncul meramaikan bursa pemilihan Ketua DPD Demokrat Kalsel periode 2022-2026.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
H Ibnu Sina (kiri) dan Russian (kanan) resmi maju menjadi calon Ketua DPD Demokrat Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dua nama calon yakni  H Ibnu Sina dan Russian muncul meramaikan bursa pemilihan Ketua DPD Demokrat Kalsel periode 2022-2026.

Pasalnya berdasarkan hasil Musyawarah Daerah (Musda) IV Partai Demokrat Kalsel hari ini Senin (18/10/2021) diusulkan sekaligus disepakati dua calon dalam pemilihan Ketua DPD Demokrat Kalsel ini.

Adapun dua calon yang muncul berdasarkan hasil Musda yang dilaksanakan di Best Western Kindai Hotel Banjarmasin tersebut, adalah Russian dan juga H Ibnu Sina.

Russian sendiri adalah calon dengan status petahana karena sudah menduduki jabatan Ketua DPD Demokrat Kalsel pada periode sebelumnya.

Baca juga: Waspada Penipuan Berkedok Bantu Warga Mendapatkan Bansos di Banjarmasin

Baca juga: Jelang Peresmian Oleh Jokowi, Lalintas Jalur Batola-Banjarmasin di Jembatan Alalak Ditutup Sementara

Baca juga: Api Lalap Mobil di Desa Batumerah Kabupaten Balangan, Korban Alami Luka Bakar

Sedangkan H Ibnu Sina yang berstatus Wali Kota Banjarmasin, tidak lain adalah penantang. Terlebih Ibnu pun baru saja menjadi kader partai berlambang mercy tersebut.

Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BP-OKK) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Herman Khaeron mengatakan, kedua calon tersebut selanjutnya akan mengikuti tahap Fit and Proper Test atau uji kelayakan oleh tim tiga (Ketua Umum, Sekjen dan Ketua BP-OKK) di DPP Partai Demokrat.

"Setelah itu akan ada penetapan elemen formatur. Setelah ditetapkannya Ketua DPD terpilih dan selanjutnya pelantikan. Nantinya akan diberikan kewenangan untuk menjalankan roda organisasi Partai Demokrat di Kalsel," ujarnya saat menggelar konfrensi pers usai gelaran Musda.

Dibeberkannya bahwa proses demokrasi telah dibuka lebar sejak tahapan pra Musda, yang merupakan bagian dari penjaringan bakal calon Ketua DPD Demokrat Kalsel.

Selanjutnya dalam proses penjaringan tersebut muncullah nama Russian dan juga H Ibnu Sina untuk memperebutkan jabatan Ketua DPD Demokrat Kalsel periode 2022-2026.

"Kedua kandidat dalam penjaringan telah dinyatakan memenuhi kriteria dan syarat. Yaitu mendapatkan dukungan suara 20 persen. Kemudian kedua bakal calon itu ditetapkan dalam Musda dan melakukan pemilihan tahap dua. Yaitu disepakati secara aklamasi, keduanya diusulkan ke DPP untuk ditetapkan salah satunya," jelasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved