Breaking News:

Berita Banjarmasin

Jajaran Baznas Kalsel Optimis Capai Target dari Zakat Perseorangan

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalsel gelar rapat koordinasi RKAT di Banjarmasin, sepakati naikkan target perolehan dan genjot zakat perorangan.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MILNA SARI
Pertemuan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalsel di Banjarmasin, Selasa (19/10/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pengumpulan zakat dari perseorangan melalui aplikasi digital bakal digenjot Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kalsel di 2022.

Selama ini menurut Ketua BAZNAS Kalsel, H Irhamsyah Safari, dalam rapat koordinasi RKAT tahun 2022 di Rattan Inn Banjarmasin, Selasa (19/10/2021), zakat yang masuk masih didominasi dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) mitra Baznas Kalsel.

"Perbandingannya masih 60:40, jadi masih banyak yang berzakat melalui UPZ dibandingkan yang perseorangan. Karenanya, di 2022, kami akan genjot zakat dari perseorangan," ujarnya.

Pengurus Baznas Kalsel sudah bekerja sama dengan banyak aplikasi digital, di antaranya Link Aja, Gopay, Kita Bisa dan banyak lagi, demi mengumpulkan zakat yang akan diserahkan ke umat.

Meski tergolong sedikit namun dengan kemudahan bayar zakat, Irhamsyah, berharap zakat yang terkumpul akan lebih maksimal.

Baca juga: Museum Lambung Mangkurat Kalsel Gelar Pameran Keliling ke Museum Daerah

Baca juga: Resmikan Program Zmart di Banjarbaru, Baznas Kalsel Beri Bantuan Modal Kepada 10 Pedagang

"Sedikit memang ada yang Rp 50 ribu, bahkan ada yang Rp 5 ribu. Tapi dengan kemudahan itu, tentu kami harap semakin sering orang berzakat, berinfak dan bersedakah," tambah Irhamsyah.

Sementara, Wakil Ketua Tiga Baznas Kalsel Ahmad Rafi'i, mengatakan, pihaknya tahun ini dapat target kenaikan 70 persen atau sekitar Rp 70 miliar.

Dengan itu, perlu menyamakan persepsi dan pandangan serta rancangan kegiatan di 2022 oleh Baznas kabupaten kota di Kalsel sehingga target di 2022 dapat tercapai.

Dalam koordinasi dengan Baznas kabupaten kota se Kalsel saat ini, ujarnya, masih ada daerah yang malu-malu meningkatkan target di 2022. Meski begitu, ada pula yang berani meningkatkan target hingga lebih dari 90 persen.

"Target yang sudah mereka susun ini masih kami tunggu hingga 1 November nanti. Mudah-mudahan mereka bisa menyesuaikan," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi ke Banjarmasin, Wali Kota Ibu Sina Berencana Sampaikan Usulan Pembangunan Jembatan

Baca juga: VIDEO Peluncuran Program Bakti Banua, 17 Ribu Jiwa Terdampak Covid-19 Akan Dibantu BAZNAS Kalsel

Meski demikian, target dari 13 kabupaten kota yang sudah disusun tersebut sudah melebihi dari target Baznas Kalsel di 2022.

Sedangkan untuk target di 2021 Baznas Kalsel yakni Rp 49 miliar, ujarnya, diperkirakan bisa dilampaui hingga Rp 52 miliar.

Saat ini, Baznas Kalsel sudah menyalurkan zakat ke 96 ribu umat. Paling banyak dana disalurkan untuk kemanusiaan, yakni bencana banjir dan bencana kebakaran.

Selain itu, dana juga disalurkan untuk pendidikan baik jenjang sekolah hingga perguruan tinggi dan penanganan Covid-19.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved