Breaking News:

Berita Tanahlaut

Pariwisata Lokomotif Ekonomi Kreatif, Naga Banjar Tanahlaut Diharap Aktif Promosikan Wisata Daerah

Naga Banjar 2021 Tanahlaut diharap mampu mendorong promosi sektor kepariwisataan di Kabupaten Tanahlaut menjadi lokomotif ekonomi kreatif masyarakat

Penulis: Idda Royani | Editor: Syaiful Akhyar
Dispar Tala untuk banjarmasinpost.co.id
Bupati Tanahlaut HM Sukamta serahkan hadiah pemenang Naga Banjar 2021 Tanahlaut di Balairung, Sabtu (16/10/2021) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Naga Banjar 2021 Tanahlaut diharap mampu mendorong promosi sektor kepariwisataan di Kabupaten Tanahlaut menjadi lokomotif ekonomi kreatif masyarakat di Bumi Tuntung Pandang Ini.

Selain wisata alam, objek wisata buatan pun juga mulai bermunculan di daerah berjuluk Bumi Tuntung Pandang ini. Kalangan masyarakat juga kian senang karena sekarang memilki banyak pilihan berwisata.

"Enak sudah sekarang kalau mau jalan-jalan, dimana-mana sudah ada tempat wisata. Hutan dan kebun pun sekarang bisa disulap jadi wisata dan menjadi unik menarik," ucap Zaini, warga Pelaihari, Selasa (19/10/2021).

Bupati Tanahlaut H Sukamta mengatakan pariwisata di wilayahnya merupakan lokomotif yang dapat mendorong munculnya ekonomi kreatif.

Baca juga: BPBD Tapin Petakan Lokasi Khusus Siaga Bencana Banjir dan Longsor Serta Angin Puting Beliung

Baca juga: Kabupaten Tanahbumbu Akhirnya Turun Level Menjadi PPKM Level 2

Baca juga: Harga Emas Antam 19 Oktober 2021, Stagnan di Harga Rp 915.000 Per Gram

Semua potensi wisata seperti pegunungan/perbukitan, pantai/laut, air terjun, wisata agro, dan wisata buatan harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Tergantung bagaimana inovasi dan kreativitas kita untuk mengelola dan memanfaatkan peluang ini agar dapat menerima manfaat peningkatan kesejahteraan ekonomi," sebut Sukamta.

Guna mendorong perekonomian dan kemajuan kepariwisataan, Sukamta berharap para duta pariwisata yang tergabung dalam Nanang Galuh (Naga) Banjar mampu mempromosikan destinasi wisata Tala ke level nasional hingga internasional.

Dikatakannya, akses menuju destinasi wisata di Tala cukup baik dan akan terus ditingkatkan, tinggal bagaimana seluruh pihak mengambil peran dalam menjaga dan mempromosikan wisata yang ada.

Destinasi wisata di Tala cukup strategis karena ditopang akses jalan dan dekat dengan kota-kota besar provinsi. Akses dari bandara juga tidak terlalu jauh.

"Karena itu kita harus terus promosikan ini. Saya harap Nanang Galuh sebagai duta pariwisata dapat secara maksimal dan aktif memperkenalkan destinasi wisata kita ke nasional dan internasional," harapnya.

Lebih lanjut Sukamta menerangkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai sektor ekonomi kreatif juga sangat penting dalam membangun perekonomian Tala. Menurutnya, pariwisata dan UMKM tidak bisa dipisahkan dan saling membutuhkan.

Kekuatan ekonomi kreatif menurutnya merupakan kekuatan yang tahan terhadap segala tekanan, baik itu krisis ekonomi maupun krisis moneter. Makin kreatif maka makin kuat. UMKM harus bisa memanfaatkan peluang yang ada di tempat-tempat wisata agar perekonomian di Tala terus terbangun.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved