Breaking News:

Berita Tanahlaut

Tangkap Ikan Pakai Cantrang, Satu Kapal Nelayan dari Luar Pulau Dibakar di Perairan Jorong Kalsel

Satu kapal nelayan dari luar pulau kalimantan yang beroperasi menangkap ikan pakai cantrang di Perairan Jorong Kalsel dibakar nelayan lokal

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo
Tangkap Layar Video Udin
TERBAKAR - Asap tebal membumbung tinggi dari kapal nelayan cantrang di perairan Kecamatan Jorong, Selasa (19/10/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Meski kerap diperingatkan petugas maupun oleh nelayan lokal, namun hingga kini sejumlah nelayan dari luar pulau masih saja menggunakan alat tangkap terlarang (cantrang) saat beroperasi di wilayah perairan Tanahlaut (Tala) Kalsel.

Hal itu membuat kalangan nelayan lokal gusar. Klimaksnya terjadi pada Selasa sore, Selasa (20/10/2021) kemarin sekitar pukul 16.00 Wita.

Informasi diperoleh, setidaknya ada lima unit nelayan cantrang dari luar pulau yang kembali beroperasi di wilayah Tala yakni sekitar perairan di wilayah Kecamatan Jorong di sekitar Asamasam hingga Sabuhur.

Aktivitas nelayan luar pulau yang tetap nekat mencari ikan menggunakan alat tangkap terlarang tersebut membuat 'gerah' nelayan di Tala. 

Baca juga: Direktorat Polairud Polda Selidiki Keberadaan Kapal Cantrang di Perairan Kalsel

Baca juga: Wakil Rakyat Kabupaten Tanah Laut Dorong Pengawasan dan Penindakan Penggunaan Alat Tangkap Cantrang

Sejumlah nelayan lokal kemudian mendekati kapal nelayan cantrang yang dikabarkan berasal dari Rembang, Jawa Tengah, tersebut.

Nelayan yang ada di kapal itu kemudian diminta berpindah ke kapal nelayan lainnya sesama dari luar pulau itu. Selanjutnya kapal cantrang itu dibakar.

Sementara itu empat kapal cantrang lainnya dikabarkan bergegas pergi menjauh dari perairan Tala.

Video pembakaran kapal cantrang itu pun menyebar melalui sosial chat. Ada dua video yang diterima banjarmasinpost.co.id.

Pertama, tampak kapal bercat kuning, orange, hijau, orange yang sandar di tengah perairan. Ada beberapa orang sedang beraktivitas.

Video kedua, tampak asap hitam tebal membumbung tinggi yang disebut-sebut merupakan kapal cantrang yang dibakar.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved