Breaking News:

Banjarbaru Juara

Menteri PUPR Harap IPA Pinus Bisa Dirampungkan, Wali Kota Banjarbaru Aditya Ucap Syukur

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono didampingi Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin meninjau fasilitas air minum Banjarbakula, Kamis (21/10/2021).

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Alpri Widianjono
HUMAS PEMKO BANJARBARU
Wali Kota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Arifin (ujung kiri), mendampingi Menteri PUPR, Dr Ir M Basuki Hadimuljono, MSc mengunjungi IPA SPAM Regional Banjarbakula, Kamis (21/10/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Instalasi pengolahan air (IPA) Pinus II di Kota Banjarbaru, Kalimantan  Selatan, berkapasitas 500 liter perdetik diproyeksi akan rampung Desember 2021.

Diharapkan hadirnya IPA Pinus II ini manfaatnya dapat dirasakan masyarakat Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut (Banjarbakula). 

Sebelum adanya IPA tahap ke- II, SPAM Regional Banjarbakula ini masih terbatas mengelola IPA dengan kapasitas 250 liter per detik. 

"Progres pengerjaan IPA Pinus II  sampai saat ini 88,7 persen. SPAM Regional Banjarbakula ini nantinya akan melayani wilayah Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut di kawasan metropolitan Banjarbakula. IPA Tahap 2 ini akan selesai Desember. Jika operasional semua dengan tahap sebelumnya maka semua akan menghasilkan total 750  perdetik, " tandas Direktur Air Minum, Ir Anang Muchlis Sp.SPDA, melaporkan ke Menteri PUPR, Kamis (21/10/2021). 

Adapun Menteri PUPR, Dr Ir M Basuki Hadimuljono, MSc, meminta masukan kepada semua stakeholder termasuk Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin dan Direktur PDAM Intan Banjar, Syaiful Anwar, sebagai pelanggan SPAM Banjarbakula.

Wali Kota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Arifin saat mendampingi Menteri PUPR, Dr Ir M Basuki Hadimuljono, MSc meninjau IPA SPAM Regional Banjarbakula, Kamis (21/10/2021).
Wali Kota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Arifin saat mendampingi Menteri PUPR, Dr Ir M Basuki Hadimuljono, MSc meninjau IPA SPAM Regional Banjarbakula, Kamis (21/10/2021). (HUMAS PEMKO BANJARBARU)

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Basuki meminta kepada pekerja proyek untuk dapat menyelesaikan proyek sesuai jadwal yang ada, mengingat keperluan air bersih merupakan keperluan masyarakat yang sangat diperlukan.

Dia jelaskan, dengan hadirnya IPA Pinus II dapat meningkatkan cakupan pelayanan PDAM kepada masyarakat. 

"Jika sudah bisa teralirkan ke tiga kabupaten dan kota, maka 80 persen cakupan masyarakat akan terlayani air minum ini. Menurut Dirut, akan ada tambahan 18,9 ribu SR yang akan terlayani sudah selesai dan beroperasi. Kami ingin melihat supaya bangun ini bisa beroperasi dan tetap dijaga dan dirawat, bukan hanya sekedar dibangun," kata Menteri Basuki yang sebelumnya  juga sempat kunjungi TPA Banjarbakula yang mampu menampung sampah dari lima kabupaten kota dengan kapasitas sekitar 640 ribu ton. 

Sementara itu, Direktur PDAM Intan Banjar, Syaiful Anwar, menyambut baik adanya IPA Pinus II dukungan dari Kementerian PUPR ini. 

"Alhamdulillah, dengan hadirnya ini akan meningkatkan pula kapasitas di PDAM Intan Banjar. Target kami optimis dengan adanya ketersediaan IPA Pinus 2 ini keperluan pelanggan PDAM yang akan lebih terpenuhi lagi untuk Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar," ucapnya.

Menteri PUPR, Dr Ir M Basuki Hadimuljono, MSc menandatangani papan fasilitas IPA SPAM Regional Banjarbakula, Kamis (21/10/2021).
Menteri PUPR, Dr Ir M Basuki Hadimuljono, MSc, bubuhkan tanda tangan di fasilitas IPA SPAM Regional Banjarbakula, Kamis (21/10/2021). (HUMAS PEMKO BANJARBARU)

Sedangkan Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin mengucapkan terima kasih atas dukungan Kementerian PUPR serta dukungan penyediaan air minum yang nantinya bermanfaat kepada masyarakat melalui PDAM Intan Banjar

"Mudah-mudahan apa yang dibangun oleh Kementerian PUPR bisa bermanfaat kepada masyarakat dan kami mendorong kepada PDAM dengan ini bisa mengoptimalkan layanan kepada masyarakat, bagi yang belum terlayani bisa terlayani sekarang," harap Wali Kota Aditya Mufti Ariffin.

Adapun team leader dari konsultan supervisi PT Inti mulya Multi kencana, Indra Febiana, berjanji akan selesaikan fisik yang ada dan siap mempercepat progres pembangunan.

"Nanti akan kami tambah dua tim lagi di lapangan agar bisa cepat terselesaikan," kata Indra Febiana. 

Diketahui, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, didampingi Direktur Air Minum, Ir Anang Muchlis SpSPDA, anggota DPR RI Rifky Nizamy Karsayuda dan jajaran Satuan Kerja Pelaksanaan Balai Sarana Prasarana Permukiman wilayah Kalimantan Selatan dan beberapa pejabat PUPR . termasuk dari Balai Sungai wilayah, PUPR Kota Banjarbaru dan Provinsi Kalsel, melakukan kunjungan ke IPA Pinus II Banjarbaru dan beberapa proyek Kementerian PUPR di Kalimantan Selatan. (AOL/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved