Pilpres 2024

Pemanasan Jelang Pilpres 2024, Relawan Deklarasikan Anies Juga Ganjar, PPP Masih Ukur Baju

Nama Gubernur Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dideklarasikan relawan masing-masing untuk jadi capres Pilpres 2024

Tangkap layar video YouTube Najwa Shihab
Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Ganjar Pranowo ditantang untuk menarikan lagu Any Song milik Zico yang viral di TikTok 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Meskipun pemilihan umum presiden ( Pilpres) 2024 masih cukup lama, pemanasan telah dimulai.

Dukungan untuk bakal calon kandidat dalam Pilpres 2024 mulai bermunculan. Nama Gubernur Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bahkan terang-terangan dideklarasikan relawan masing-masing.

Kemarin, misalnya, kelompok masyarakat yang menamakan diri Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) mendeklarasikan dukungan untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju menjadi kandidat Pilpres 2024.

Baca juga: Doakan Airlangga Sukses di Pilpres 2024, Akbar Tanjung Juga Sebut Airlangga Sukses Pimpin Golkar

Baca juga: Survei LSI: Airlangga Hartarto King Maker Pilpres 2024

Sebelumnya, sekelompok masyarakat menamakan diri Sahabat Ganjar mendeklarasikan dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju ke Pilpres 2024 pada Minggu (20/6/2021).

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo usai rapat evaluasi Covid-19 di Kantor Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, Selasa (24/11).
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo usai rapat evaluasi Covid-19 di Kantor Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, Selasa (24/11). (DOK. Humas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah)

Fenomena itu dinilai Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani sebagai hal wajar. Seperti dilansir Tribunnews.com dengan judul Anies dan Ganjar Dideklarasikan Capres oleh Relawan, Bagaimana dengan Airlangga dan Ketua Umum PPP?.

Para relawan muncul untuk mendukung sosok tertentu, untuk dijagokan dalam pemilihan presiden 2024.

Dia memprediksi dalam waktu dekat pun bakal ada relawan yang mendukung sosok yang berpotensi capres, misalnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam peluncuran buku
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam peluncuran buku "Potret Jakarta 2020 Koaborasi Melawan Pandemi" secara daring, Sabtu (30/1/2021). (ISTIMEWA)

"Wajar saja kan ada juga relawannya Ganjar sudah terbentuk mendeklarasikan."

"Sekarang ada lagi relawannya Anies, nanti sebentar lagi ada relawannya Ridwan Kamil," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Lalu bagaimana dengan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa?

"Kalau Suharso Monoarfa (Ketum PPP) tidak perlu bikin relawan, punya partai dia, tidak perlu deklarasi," imbuhnya.

Anggota Komisi III DPR itu mengatakan, dalam era demokrasi, ekspresi menunjukkan dukungan terhadap tokoh tertentu diperbolehkan.

Baca juga: KalselPedia, Kapolda dan Danrem Pun Berkunjung ke Masjid Keramat Pelajau di Kabupaten HST

Baca juga: Gelar Seminar, Dewan Masjid Indonesia Bahas Pengelolaan Masjid Ramah Anak di Kalsel

Namun, bagi partai politik, khususnya PPP, tak akan terburu-buru menetapkan siapa yang bakal diusung sebagai capres 2024.

"Kalau sekarang itu ibarat main catur, masih langkah kuda, kadang maju kadang mundur," ucapnya.

Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa usai bertemu Presiden Joko Widodo. Jokowi memanggil Suharso membicarakan posisi menteri(
Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa usai bertemu Presiden Joko Widodo. Jokowi memanggil Suharso membicarakan posisi menteri( (KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIM))

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyiapkan ketua umum Suharso Monoarfa menjadi calon wakil presiden (cawapres) dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved