Breaking News:

Berita Banjarbaru

Mulai Tahun Depan, Buang Sampah di TPA Regional Banjarbakula Dikenai Tarif Rp 65 ribu Per Ton

Mulai tahun depan lima kabupaten kota yang membuang sampah ke TPA Regional Banjarbakula di Banjarbaru Rp 65 ribu perton

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
DLH Kalsel untuk BPost
Penandatanganan perjanjian kerjasama tarif TPA Regional Banjarbakula mulai 2022 Rp 65 ribu per ton sampah di DLH Kalsel, Jumat (22/10/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Mulai tahun depan lima kabupaten kota yang membuang sampah ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Regional Banjarbakula di Banjarbaru akan dikenakan tarif.

Rencana pemberlakuan tarif ini telah disepakati oleh Pemprov Kalsel bersama lima daerah yang masuk dalam Banjarbakula: Banjarbaru, Banjarmasin, Banjar, Batola dan Tanah Laut melalui Dinas Lingkungan mereka masing-masing di DLH Kalsel di Banjarbaru Jumat (22/10/2021).

Sejak diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Februari 2020 lalu, TPA Regional Banjarbakula masih menggratiskan daerah yang membuang sampah ke sana. 

"Tarifnya diberlakukan mulai Januari tahun depan, Rp 65 ribu per ton," ujar Kadis LH Kalsel Hanifah Dwi Nirwana.

Baca juga: TPA Regional Banjarbakula Kini Dilengkapi Pengolahan Oli Bekas, Diolah Jadi Solar Indutri

Baca juga: Sampah dari Pelaihari Mulai Dikirim ke TPA Regional Banjarbakula di Banjarbaru

Meski akan dikenakan tarif, daerah regional Banjarbakula diwajibkan tetap mengirim sampahnya ke TPA regional. 

"Tetap harus memenuhi volume minimal sampah per hari, minimal 200 tin sehari. Kalau tidak mencukupi, kami yang rugi dari biaya operasional," urainya.

Volume ini ujarnya juga sudah disepakati dalam perjanjian sebelumnya dalam pembuangan sampah ke TPA Regional Banjarbakula.

Hingga kini daerah dengan kuota volume terbanyak memasukkan sampah ke TPA kata dia adalah Kota Banjarmasin dan Banjarbaru. 

"Sampah dari dua daerah tersebut selama ini memang paling banyak, karena mungkin juga masih lebih dekat dibandingkan dengan Tanahlaut dan Barito Kuala, tapi setidaknya mereka mengirimkan sampah dari daerah terdekat dengan TPA Regional Banjarbakula," jelas Hanifah.

Kesepakatan sendiri ditandai dengan tandatangan perjanjian kerja sama tentang kompensasi tarif pemrosesan sampah pada UPTD TPA Regional Banjarbakula di Kantor Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kalsel. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved