Breaking News:

Ekowisata Bekantan Lokbuntar Tapin

Wisata Kalsel Bekantan Lokbuntar Tapin, Susur Sungai Jangkau Lokasi Sambil Nikmati Panorama Alam

Salah satu objek wisata Kalsel di Kabupaten Tapin yakni Ekowisata Bekantan Lokbuntar yang berlokasi di Desa Lawahan Kecamatan Tapin Selatan.

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Stanislaus Sene
Wisata Kalsel, satwa Bekantan di kawasan Ekowisata Bekantan Lokbuntar Kabupaten Tapin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Salah satu objek wisata Kalsel di Kabupaten Tapin yakni Ekowisata Bekantan Lokbuntar yang berlokasi di Desa Lawahan Kecamatan Tapin Selatan.

Ekowisata Bekantan Lokbuntar Tapin berada di lahan kurang lebih 90 Hektare yang direstorasi sejak 2016 lalu pascakebakaran hebat.

Untuk mencapai lokasi tersebut, pengunjung akan disuguhi perjalanan melalui jalur sungai menggunakan perahu kurang lebih 30 menit menuju titik lokasi.

Officer Ekowisata Bekantan Lokbuntar Tapin, Jeni saat ditemui mengatakan lahan seluas 90 hektar ini mulai direstorasi sejak 2016 lalu pasca dilanda kebakaran.

Baca juga: Pameran Festival Wisata Terapung 2021, Stan Tabalong Dijaga Pria Berpakaian Dayak, Siap Diajak Selfi

Baca juga: Resmi Dibuka, Berikut Jadwal Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021 di Siring 0 KM Banjarmasin

Baca juga: Harga Emas Antam Naik Rp 4.000 Per Gram, Hari Ini Dipatok Rp 925.000

"Sampai saat ini wilayah ekowisata Bekantan ini memang terus dijaga kelestarian dan proses penjagaan dan pemeliharaan wilayah ini melibatkan orang-orang di Kampung ini," jelasnya.

Satwa dilindungi maskot Kalsel, Bekantan di habibat Ekowisata Bekantan Lokbuntar Kabupaten Tapin.
Satwa dilindungi maskot Kalsel, Bekantan di habibat Ekowisata Bekantan Lokbuntar Kabupaten Tapin. (banjarmasinpost.co.id/Stanislaus Sene)

Jeni mengatakan di Ekowisata Bekantan Lokbuntar ini disediakan fasilitas penunjang antara lain titian, menara pantau, deck, plasa sebagai titik kumpul, nurseri dan Kandang Rehabilitasi Bekantan.

"Untuk mendukung kelestarian dan pakan dari Bekantan ini kita merestorasi lokasi ini dengan berbagai jenis tanaman diantaranya Blangiran, Galama, Pulantan, Jambu-jambuan dan Pakis," jelasnya.

Wisata Kalsel, satwa Bekantan di kawasan Ekowisata Bekantan Lokbuntar Kabupaten Tapin.
Wisata Kalsel, satwa Bekantan di kawasan Ekowisata Bekantan Lokbuntar Kabupaten Tapin. (banjarmasinpost.co.id/Stanislaus Sene)

Ia mengatakan untuk proses pemeliharaan bakantan-bakantan ini, pihaknya bekerjasama dengan dokter hewan dari Kabupaten Tapin.

"Selain Bekantan, jenis hewan yang ada di lokasi ini ada hirangan, luntung, monyet ekor panjang dan burung-burung liar lainnya," jelasnya.

(banjarmasinpost.co.id/Stanislaus Sene)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved