Breaking News:

Berita Banjarmasin

VIDEO Festival Wisata Budaya Pasar Terapung, Peserta Fashion Carnaval Hibur Warga Banjarmasin

Lomba Pawai Budaya dan Fashion Carnaval, dilanjutkan acara water show dan laser di malam hari serta kesenian Mamanda di Siring 0 KM, Banjarmasin.

Penulis: Noor Masrida | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Festival Wisata Budaya Pasar Terapung di kawasan wisata Taman Siring 0 KM, Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), memasuki hari kedua, Sabtu (23/10/2021).

Pada hari ini, dimeriahkan dengan Lomba Pawai Budaya dan Fashion Carnaval, dilanjutkan acara water show dan laser di malam hari serta kesenian Mamanda.

Di area Colosseum Kantor Gubernur Lama, peserta mengenakan kostum beraneka bentuk, mulai dari aksesori  kebudayaan Banjar, pakaian Dayak, sampai busana dengan berat puluhan kilogram.

Penuturan Tia, warga Kampung Melayu, Banjarmasin, dirinya merasa terpukau dengan pakaian yang dikenakan peserta fashion carnaval. "Saya datang memang mau lihat lomba kostum ini, tahu dari Instagram," ujar Tia.

Baca juga: VIDEO Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021, Balangan Promosikan Produk UMKM

Baca juga: Pameran Festival Wisata Terapung 2021, Stan Tabalong Dijaga Pria Berpakaian Dayak, Siap Diajak Selfi

Ia sendiri mengaku kagum dengan kostum dari peserta yang dinilai begitu kreatif. "Pesertanya totalitas semua kayaknya. Penonton juga senang. Kan jarang ada acara seperti ini," ceplosnya.

Sementara itu, Herma Aryana, salah satu juri di acara Pawai Budaya dan Fashion Carnaval, ada sejumlah poin yang menjadi penilaian.

"Pawai budaya ada tiga yang dinilai, yaitu kekompakan, kostum dan perform atau atraksinya," rinci dia.

Sementara itu, fashion carnaval, dikatakannya yang menjadi penilaian adalah orisinalitas, kreativitas, penampilan, komposisi, dan make up.

Baca juga: Resmi Dibuka, Berikut Jadwal Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021 di Siring 0 KM Banjarmasin

Khusus untuk fashion carnaval, Herma menilai banyak talenta kreatif yang turut berpartisipasi.

"Sangat luar biasa, bagus sekali, kostumnya menarik, memang sebagian ada kostum yang pernah dilombakan, tapi sudah diubah, dimodifikasi lagi sama peserta, tetap memukau," tambahnya.

Herma berharap, dengan adanya event ini semoga bisa mendongkrak lagi potensi wisata di Provinsi Kalsel.

Peserta Lomba Pawai Budaya dan Fashion Carnaval pada Festival Wisata Budaya Pasar Terapung yang berlokasi di kawasan wisata Siring 0 KM, Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, memasuki hari kedua, Sabtu (23/10/2021).
Peserta Lomba Pawai Budaya dan Fashion Carnaval pada Festival Wisata Budaya Pasar Terapung yang berlokasi di kawasan wisata Siring 0 KM, Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, memasuki hari kedua, Sabtu (23/10/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/NOOR MASRIDA)

"Semoga bisa mengundang wisatawan untuk datang ke Kalsel dan khusus untuk masyarakat Kalsel, semoga tetap bisa melestarikan budaya kita sampai kapanpun," harapnya.

Festival Pawai Budaya ada 16 peserta dari SKPD kabupaten di Kalsel, juga ada sementara Fashion carnaval ada 24 peserta.

(Banjarmasinpost.co.id/Noor Masrida)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved