Breaking News:

Kalsel Tri

Tiga Jagoan Triathlon Kalsel Sukses Finish di Lombok

Tiga atlet triathlon, Echie, Mailan dan Wirro yang menamakan diri sebagai tim Kalsel Tri mengikuti HK Endurance Challenge di Lombok, 17 Oktober 2021.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
ISTIMEWA
Atlet Kalimantan Selatan yang menamakan diri Kalsel Tri, Mailan (kiri), Wirro (tengah) dan Echie, ambil bagian pada Hutama Karya Endurance Challenge, Triathlon Lombok, 17 Oktober 2021. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Olahraga triathlon yang memperlombakan tiga cabor dalam satu lomba memang bukan olahraga sembarangan dan pesertanya juga bukan atlet sembarangan.

Wajar jika kemudian masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel) bangga tatkala ada tiga atlet triathlonnya sukses finish pada even tersebut.

Tiga atlet triathlon yang berlatar belakang profesi berbeda itu, Echie, Mailan dan Wirro, menamakan timnya Kalsel Tri.

Mereka ambil bagian pada triathlon HK Endurance Challenge di Lombok pada 17 Oktober 2021.

Tim triathlon Kalimantan Selatan yang ambil bagian pada Hutama Karya Endurance Challenge di Lombok, 17 Oktober 2021.
Tim triathlon Kalimantan Selatan yang ambil bagian pada Hutama Karya Endurance Challenge di Lombok, 17 Oktober 2021. (ISTIMEWA)

"Dua hari sebelumnya sudah tiba di Lombok. Kemudian pada hari perlombaan diawali berenang menyeberangi selat berjarak 2000 meter," jelas Wirro.

Arus laut yang deras ditambah gigitan plankton dan ubur-ubur menjadi tantangan yang dihadapi selama berenang yang kenyataannya bisa lebih dari 2000 meter.

Lanjut bersepeda sejauh 100 Km dari Lombok menuju Sirkuit MotoGP Mandalika. Perjalanan yang melelahkan karena cuacanya panas dan jalurnya menanjak.

"Sampai di sirkuit, berlari hingga 21 kilometer. Bayangkan, aspalnya masih baru. Tak ada pepohonan. Panas terik dan berdebu," papar Wirro.

Atlet Kalimantan Selatan saat mengikuti Triathlon Lombok Hutama Karya Endurance Challenge, 17 Oktober 2021.
Atlet Kalimantan Selatan saat mengikuti Triathlon Lombok Hutama Karya Endurance Challenge, 17 Oktober 2021. (ISTIMEWA)

Triathlon itu memakan waktu enam jam hingga finish. Dari 100 peserta terdiri dari  40 orang Warga Negara Asing (WNA)  dan 60 peserta Indonesia dari berbagai daerah.

Sementara itu, Wirro dan rekan yang sudah berpengalaman mengikuti Triathlon, di antaranya di Taiwan dan Malaysia, untuk even kali ini mempersiapkan diri selama tiga bulan.

Mereka latihan lari dan bersepeda di Banjarmasin dan Banjarbaru kawasan Trikora. Berenang di kolam renang di Banjarmasin dan Banjarbaru. Selain latihan, mereka juga menjaga pola makan dan cukup istirahat. 

"Keikutsertaan kami ini untuk memotivasi generasi muda untuk gabung dengan komunitas triathlon agar pada PON nanti Kalsel memiliki atlet," alasannya.

Tiga atlet Kalimantan Selatan, Echie, Mailan dan Wirro, mengikuti triathlon di Lombok mendapat dukungan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, JNE Mataram dan JNE Banjarmasin.
Tiga atlet Kalimantan Selatan, Echie, Mailan dan Wirro, mengikuti triathlon di Lombok mendapat dukungan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, JNE Mataram dan JNE Banjarmasin. (ISTIMEWA)

Kalsel Tri juga berterima kasih atas dukungan dari Dispora Kalsel, JNE Mataram dan JNE Banjarmasin. (Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved