Breaking News:

Kriminalitas Banjarmasin

Polisi Ungkap Peredaran Narkoba Jenis Baru, Oknum Barista di Banjarmasin Diciduk

Narkoba Banjarmasin. Barista miliki 2-CB sebanyak 10 keping ditangkap petugas Polda Kalsel di Jalan Rawa Sari Ujung, Kompleks Tirta Sari, Teluk Dalam.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Alpri Widianjono
SUBDIT 1 DITNARKOBA POLDA KALSEL
Narkoba Banjarmasin. Tersangka berinisial MF bersama barang bukti narkoba jenis baru, yakni 2-CB, diamankan Ditresnarkoba Polda Kalimantan Selatan Senin (25/10/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - narkoba banjarmasin. Tak cuma sabu, ekstasi atau ganja, jenis narkoba yang tergolong baru yaitu 2-CB mulai terungkap peredarannya di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Tentu saja, hal itu menjadi tambahan ancaman bagi masyarakat Banua, khususnya generasi muda. 

Ini terungkap setelah jajaran Subdit 1 Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalsel berhasil mengamankan seorang tersangka berinisial MF (21) alias E, Jumat (22/10/2021). 

Ini merupakan pengungkapan kasus tindak pidana peredaran gelap dan atau penyalahgunaan narkotika jenis 2-CB perdana di Kalsel. 

Baca juga: VIDEO Pencurian di Banjarmasin, Polisi Bongkar Sindikat yang Menyasar Nasabah Bank

Baca juga: Polisi Gelar Kasus Lelaki Tewas Dihajar Tetangga Pakai Kayu di Sungai Miai Banjarmasin

Tersangka MF yang diketahui berprofesi sebagai seorang barista yang cukup dikenal di Kota Banjarmasin ini diamankan di depan rumahnya,  Jalan Rawa Sari Ujung, Kompleks Tirta Sari, Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalsel. 

Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel, Kombes Tri Wahyudi, membenarkan pengungkapan tindak pidana peredaran dan atau penyalahgunaan narkotika jenis baru tersebut. 

"Betul, ini jenis baru narkoba golongan 1 yang sudah diatur di dalam Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 4 Tahun 2021," bebernya saat dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Senin (25/10/2021).

Di dalam PMK tersebut mengatur terkait perubahan penggolongan narkotika.

Baca juga: Gelar Perkara Pembunuhan di Banjarmasin, Pelaku Sebut Korban Ganggu Istri yang Hamil 8 Bulan

Baca juga: VIDEO Lahan 40 Hektar Terpidana Korupsi Jiwasraya Benny Tjokro di Kalsel Akan Dilelang Kejagung

Kepala Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Kalsel, AKBP Meilki Bharata, menambahkan, tersangka MF ditangkap saat kedapatan menerima paket kiriman yang saat diperiksa berisi narkoba jenis 2-CB sebanyak 10 keping. 

Dari segi fisik, narkoba jenis 2-CB berbentuk seperti kepingan berukuran sebesar perangko. Barang haram itu  diselipkan di antara sejumlah stiker yang juga dipesan tersangka.

Sedangkan dari aspek reaksinya, karena masuk dalam kategori narkotika golongan 1, maka pengaruh dan dampaknya juga besar terhadap sistem saraf.

Narkoba Banjarmasin. Barang bukti narkoba golongan 1 jenis 2CB disita petugas Polda Kalimantan Selatan dari tersangka MF alias E, Senin (25/10/2021).
Narkoba Banjarmasin. Barang bukti narkoba golongan 1 jenis 2CB disita petugas Polda Kalimantan Selatan dari tersangka MF alias E, Senin (25/10/2021). (SUBDIT 1 DITRESNARKOBA POLDA KALSEL)

Tertangkap tangan, tersangka MF tak dapat mengelak dan mengakui narkoba tersebut adalah miliknya. 

"Barangnya ini dipesan dari luar Kalsel dan dikirim melalui paket kiriman. Kami masih dalami lebih lanjut dalam penyidikan," kata AKBP Meilki. 

Karena perbuatannya itu, tersangka MF beserta barang bukti dibawa ke Kantor Ditresnarkoba Polda Kalsel.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved