Bumi Tuntung Pandang

RKPD 2023 Periode Terakhir Pemerintahan Sukamta, Semua Diingatkan Jangan Ada Pemborosan

Tahun 2023 merupakan momen terakhir pemerintahan Bupati Tala HM Sukamta bersama Wabup Abdi Rahman, semua pihak diminta perkuat pelayanan publik

Penulis: Idda Royani | Editor: Eka Dinayanti
Diskominfo Tala
Suasana RKPD 2023 Pemkab Tala di aula Pencerahan Bappeda Tala, beberapa hari lalu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Tahun 2023 merupakan momen terakhir pemerintahan Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta bersama Wabup Abdi Rahman.

Semua pihak diminta kian memperkuat kualitas pelayanan publik.

Perencanaan pembangunan pun harus benar-benar terarah, terukur, tepat anggaran, dan tepat sasaran.

"Jangan sampai terjadi pemborosan uang negara," pesan Bupati Tala HM Sukamta, Senin (25/10/2021).

Melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tala, pemerintahannya menggelar Forum Group Discussion (FGD) Penyusunan Indikator Kinerja dalam Rangka Penyusunan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tala Tahun 2023, Kamis kemarin.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Kepala Sub Bagian Perencanaan dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Tala, serta sekretaris dan lurah dari lima kelurahan se Kabupaten Tala.

Secara resmi kegiatan tersebut dibuka Bupati Tala HM Sukamta bertempat di Aula Pencerahan Bappeda Tala.

Sukamta mengatakan para peserta FGD merupakan pejabat yang menjadi ujung tombak dari penyusunan indikator perencanaan untuk keberhasilan pembangunan daerah.

Perencanaan yang baik berpengaruh hingga 50 persen dari keberhasilan.

Pembangunan akan berhasil baik ketika direncanakan secara baik pula.

"Perencanaan yang baik, bisa terukur dalam indikator sehingga semua orang bisa mengawasi, apakah penyelenggaraan pembangunan betul-betul terpenuhi," sebut Sukamta.

Karena itu peserta mesti memahami perancangan RKPD 2023 secara benar mulai dari biaya, target pencapaian, sampai dengan penelusuran daya dorong peningkatan kesejahteraan masyarakat dari kegiatan yang akan dilaksanakan.

Kepala Bappeda Tala Andris Evony menerangkan kegiatan tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi rancangan awal RKPD 2023.

Beberapa agenda yang dilaksanakan di antaranya penyamaan persepsi penyusunan indikator kinerja tiap SKPD, peningkatan kemampuan aparatur perencanaan, dan peningkatan pengetahuan aparatur perencanaan dari setiap SKPD tentang Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

"Semoga setelah FGD ada peningkatan pelaksanaan SKPD terhadap Renja (Rencana Kerja) masing masing SKPD yang dapat diakumulasikan menjadi RKPD 2023," ujar Andris.

Pada kegiatan itu peserta juga berdiskusi secara virtual bersama narasumber yaitu Sub Koordinator Informasi Pembangunan Daerah Ditjen Bangda Kementerian Dalam Negeri Yudi Timor Bimo Prakoso. (AOL)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved