Breaking News:

BSU 2021

Karyawan Penerima Bantuan Subsidi Gaji Tambah 1,6 Juta Orang, Ini Kriterianya

Pemerintah menambah jumlah karyawan yang menjadi penerima bantuan subsidi gaji alias bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp 1 juta ke 1,6 juta orang

Kemenko Perekonomian
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Karyawan Penerima Bantuan Subsidi Gaji Tambah 1,6 Juta Orang, Ini Kriterianya 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kabar gembira bagi karyawan yang bergaji di bawah Rp 3,5 juta dan berada di wilayah PPKM level 3 dan 4. Peluang mendapatkan bantuan subsidi gaji alias bantuan subsidi upah ( BSU) kembali dibuka.

Pemerintah menambah jumlah karyawan yang menjadi penerima bantuan subsidi gaji alias bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp 1 juta kepada 1,6 juta orang.

Penambahan jumlah penerima BSU Rp 1 juta itu lantaran ada sisa dana penyaluran BSU sebesar Rp 1 triliun.

Hal itu seperti disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers evaluasi program PC-PEN, Selasa (26/10/2021).

Baca juga: BSU Rp 1 Juta Oktober 2021, Cek Penerima di bpjsketenagakerjaan.go.id atau bsu.kemnaker.go.id

Baca juga: Pemerintah Cairkan BSU Oktober 2021, Tetap Bisa Didapat Mesti Tak Punya Rekening Himbara

"Dengan sisa anggaran, akan ada perluasan sebanyak 1,6 juta sasaran pekerja dan ini jumlah anggarannya adalah Rp 1,6 triliun," kata Airlangga dilansir dari Kompas.com.

Airlangga menuturkan, kriteria penerima tidak berubah dengan kriteria BSU sebelumnya. Dalam penyaluran yang lalu, BSU diberikan kepada pekerja yang berada di daerah pandemi Covid-19.

Pekerja pun berada dalam industri barang konsumsi, perdagangan dan jasa kecuali jasa pendidikan dan kesehatan, transportasi, aneka industri properti, dan real estat.

Aktivitas ekonomi digital di Indonesia yang terus meningkat, bahkan 41,9 persen total transaksi ekonomi digital ASEAN selama 2020, ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.
Aktivitas ekonomi digital di Indonesia yang terus meningkat, bahkan 41,9 persen total transaksi ekonomi digital ASEAN selama 2020, ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (KEMENKO PEREKONOMIAN)

"BSU diperluas yang semula diberlakukan untuk mereka di wilayah PPKM Level 4 dan 3. Tentu ini diharapkan dapat bisa dilaksanakan dan tidak ada perubahan dari kriteria," ucap Airlangga.

Sementara itu, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menambahkan, penerima BSU akan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Penambahan penerima BSU dilakukan lantaran beberapa daerah masih dalam tahap pemulihan.

"Penerima BSU akan bertambah penerimanya di seluruh Indonesia sejalan dengan beberapa daerah di Indonesia yang masih mengalami pemulihan setelah terkena varian Delta yang lalu," pungkas Suahasil.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved